Kilas Eksistensi Daihatsu Sirion di Indonesia

Kilas Eksistensi Daihatsu Sirion di Indonesia

Daihatsu Sirion terbaru resmi diluncurkan di Indonesia berbarengan juga dengan Ayla. Berbicara tentang Sirion, hatchback ini merupakan salah satu produk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia yang kiprahnya cukup lama di pasar roda empat nasional.

Mobil perkotaan alias city car ini melakoni debutnya di Indonesia pada 2007 silam sebagai generasi pertama. Daihatsu saat itu hanya menawarkan satu pilihan mesin, yakni mesin VVT-i 1.300 cc. Dapur pacu itu sudah didukung teknologi katup variabel ganda (VVT-i) yang menghasilkan tenaga 87 ps pada 6.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 4.400 rpm. Mesin dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Banderol harga Daihatsu Sirion saat itu Rp 132 juta untuk varian manual dan Rp 142 juta otomatis.

Lalu pada 2011, generasi kedua Daihatsu Sirion meluncur tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Mobil tersebut hadir dengan tampilan yang lebih modern. Ubahan hanya dilakukan pada bagian wajah, mencakup grill, bumper, lampu dan kap mesin.

 

Daihatsu Indonesia kembali melakukan facelift pada Sirion tahun 2015 silam. Ubahan berfokus pada wajah Sirion, mencakup penyegaran grill, tambahan lampu LED, pelek baru, spoiler belakang, muffler cutter, dan spion yang sudah bisa dilipat otomatis.

Di dalam kabin ada head unit audio 2DIN baru dengan dukungan CD, MP3, AUX, USB dan Bluetooth, serta penyegaran sedikit pada desain kemudi dan cluster instrument.

Tiga tahun berlalu, tepatnya pada 2018, Generasi ke-3 Sirion melantai di Indonesia. Kali ini mobil tampil lebih sporty, fiturnya pun lebih lengkap seperti, lampu depan LED dengan pengaturan otomatis serta follow me home, antena sirip hiu, auto wiper depan dan belakang, headunit 2DIN baru, penampang instrument cluster baru, AC digital, dan power outlet di jok.

 

Ada juga fitur keamanan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control, Isofix, sabuk pengaman 3-titik di penumpang tengah jok belakang, pengingat pemakaian sabuk pengaman semua penumpang, serta 4 kantong udara (2 di depan dan 2 di samping jok). Sirion generasi ke-3 ini menggunakan mesin baru 1NR-VE Dual VVT-i 1.3L ‎yang menghasilkan tenaga 95 ps dan torsi 12.2 kg-m. Astra Daihatsu Motor (ADM) tidak menjual opsi mesin 1.5L seperti tersedia di Perodua Myvi (Sirion di Malaysia). Sirion Generasi ketiga tersedia dalam varian manual Rp 182,5 juta dan otomatis Rp 193,5 juta.

Dan kemarin, Kamis (18/3), ADM resmi meluncurkan Sirion facelift generasi ketiga. Seperti biasanya, Sirion facelift 2020 ini tidak banyak ubahan hanya ada penyegaran body kit, layar sentuh 7 inci, dan warna baru. Mesin dan transmisi tetap sama.

 

Sirion facelift generasi ketiga itu dibanderol mulai Rp 200.100.000 untuk varian transmisi manual dan 214.850.000 untuk otomatis.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com