Pabrik Datsun Indonesia Tutup?

Pabrik Datsun Indonesia Tutup?

Sebuah kabar tak sedap datang dari Nissan dan Datsun. Merek asal Jepang ini kabarnya segera menghentikan kegiatan produksinya di Indonesia. Hal ini diungkap oleh bos Nissan Indonesia kepada Bloomberg.

"Berhenti memproduksi mobil adalah bagian dari sebuah rencana optimalisasi yang termasuk menyesuaikan kapasitas, optimalisasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis," kata Isaki Sekiguchi selaku Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia kepada Bloomberg dan tayang Kamis (18/3) kemarin.

Dari data yang kami peroleh, Nissan sebenarnya punya dua lokasi fasilitas pabrik di Indonesia. Satu pabrik tutup lebih dahulu pada September 2019 dan tadinya memproduksi mobil berlogo Nissan. Nah, yang akan tutup ini adalah pabrik yang memproduksi Datsun.

 

Pabrik yang akan tutup ini berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat dan dibuka pada 2014 silam. Total produksi yang bisa digenjot dari pabrik Purwakarta ini adalah 260 ribu unit per tahun. Dari pabrik inilah lahir Datsun GO, GO+ dan Cross.

Pada 2019, Datsun tercatat dalam penjualan wholesale Gaikindo telah menjual 6.487 unit saja. Angka itu masih berada di atas Mazda yang menjual mobil sebanyak 4.887 unit selama 2019. Datsun menempati peringkat kedelapan dalam 10 merek mobil terlaris di Indonesia pada 2019.

Baca juga: Merek Mobil Terlaris di Indonesia Selama 2019 Adalah...

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com