Sienta Facelift Buatan Indonesia Untuk Thailand

Sienta Facelift Buatan Indonesia Untuk Thailand

Toyota Sienta facelift sudah resmi dijual di Thailand. Dipastikan bahwa MPV berpintu geser tersebut adalah buatan pabrik Toyota Indonesia yang digawangi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Sayangnya pihak Toyota Indonesia, dalam hal ini PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM tampak belum berniat menjual Sienta facelift tersebut dalam waktu dekat. Padahal saat ini PT TAM mengakui penjualan Sienta mulai terlihat ada peningkatan walau tak banyak.

Selain itu, Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengakui salah satu sebab MPV yang disasar untuk kalangan urban tersebut tak bergairah penjualannya adalah karena minim penyegaran. 

Baca juga: Membaca Peluang Sienta Hybrid Muncul Di Indonesia

"Kenapa Sienta bisa turun-turun terus (penjualannya)? Dia bukan bukan jenis sport utility vehicle ataupun (Low) MPV. dia peruntukannya untuk perkotaan. Jadi misal sudah dibeli pada saat launching (2016), kira-kira ada rencana mau beli lagi tidak sih kalau modelnya tidak ganti? Tidak ada keinginan untuk ganti karena tidak ada perubahan apa-apa. Dengan kata lain, kalau city car seperti ini beda dengan kelasnya SUV atau MPV yang dipakai sampai ke luar-luar kota jadi marketnya besar," papar Soerjo (6/8).

Namun bukan berarti pihaknya menampik adanya rencana untuk meluncurkan Sienta facelift seperti yang terjadi di Thailand baru-baru ini. Namun dari yang tersirat atas wawancara dengan Soerjo tampaknya Sienta facelift tak muncul tahun ini di tanah air.

"Kami memikirkan perubahan-perubahan yang ada. Apakah Sienta akan berubah? Ya bisa jadi. Tapi tidak serta merta yang kita kasih ke eksport akan kita kasih ke Indonesia juga," imbuh Soerjo.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Bob Azam, Direktur Administration, Corporate, & External Affairs PT TMMIN menyebut bahwa Sienta buatan pabriknya selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negri tapi juga diekspor ke Thailand dan Singapura.

Namun dari pantauan kami di masing-masing situs resmi Toyota di kedua negara tersebut, baru Thailand yang mendapat versi facelift dari Sienta. Sementara di Singapura wajah Sienta masih serupa dengan yang ada di Indonesia.

Baca juga: Daftar LMPV Terlaris Pada 6 Bulan Pertama 2019

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com