Komparasi Suzuki All New Ertiga VS Mitsubishi Xpander

Komparasi Suzuki All New Ertiga VS Mitsubishi Xpander

Segmen Low Multi Purpose Vehicle alias LMPV tengah 'memanas' di awal 2019 ini dengan hadirnya sejumlah model facelift dan all new. Bisa mengangkut banyak penumpang hingga konsumsi bahan bakar yang irit adalah salah satu alasan segmen satu ini sangat digemari masyarakat Indonesia. 

Meski demikian, sejak 2017 lalu peta persaingan mulai berbeda karena kehadiran Mitsubishi Xpander,  kemudian Suzuki juga tak tinggal diam dan langsung menghadirkan generasi terbaru dari Ertiga pada April 2018.

Buat Anda yang sedang bingung memilih salah satu di antara dua LMPV di atas, berikut hasil perbandingannya.

Mesin

Xpander dilengkapi dengan mesin 4 silinder berteknologi MIVEC. Mesin tersebut berkapasitas bersih 1.499 cc dengan tenaga maksimal 104 ps dan torsi puncak 141 Nm. Sementara Ertiga generasi kedua mengandalkan mesin 4 silinder, VVT, berkapasitas 1.462 cc dengan tenaga puncak 104,7 ps dan torsi maksimal 138 Nm. Soal tenaga, di atas kertas Ertiga unggul tipis namun kalah dalam hal torsi.

 

Sedangkan untuk transmisi, untuk tipe tertinggi keduanya sama-sama dilengkapi otomatis 4 percepatan. Belum ada yang menganut transmisi matic berteknologi CVT.

Ruang mesin All New Ertiga

 

Dimensi

Soal Dimensi, LMPV jagoan Mitsubishi ternyata ukuranya lebih besar dibanding milik Suzuki. Xpander memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.775 mm. Sedangkan All New Ertiga punya panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm dan jarak sumbu roda 2.740 mm.

 

Fitur

Untuk Xpander tipe Ultimate dan Ertiga tipe tertinggi GX ESP AT keduanya menyuguhkan fitur terbaik di kelasnya. Meski begitu ada beberapa fitur pada Xpander yang tidak dimiliki oleh Ertiga, contohnya fitur telescopic steering, power outlet di baris ketiga, kamera belakang dan fitur safety Emergency Stop Signal (ESS).

Kemudian ada juga fitur di All New Ertiga yang tidak dipunyai oleh Xpander, seperti lampu proyektor meski keduanya masih mengusung bohlam halogen.

 

Harga

Dengan segala kelebihan yang ada pada Mitsubishi Xpander ini, nyatanya konsekuensinya mobil tersebut dijual lebih mahal ketimbang sang rival. Untuk varian tertinggi Xpander Ultimate, Mitsubishi membanderolnya Rp 258,9 juta, sementara tipe tertinggi All New Ertiga dihargai Rp 241,5 juta. Selisih harga masing-masing kasta tertinggi dua LMPV ini mencapai Rp 17,4 juta.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com