Komparasi Spek Renault Triber VS Daihatsu Sigra Tipe Terendah

Komparasi Spek Renault Triber VS Daihatsu Sigra Tipe Terendah

Sejak dipegang PT Maxindo Renault Indonesia, pemasaran mobil Renult di Indonesia terlihat bergairah kembali. Pasalnya belum genap satu tahun eksistensinya di tanah air, sudah ada gebrakan baru dengan mencoba bersaing di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan Triber.

Kehadiran Renault Triber di pasar Indonesia memberikan pilihan baru untuk konsumen yang menginginkan sebuah mobil keluarga yang terjangkau, namun juga memiliki tampilan yang gagah dan modern ketimbang para kompetitor.

Meski demikian, dengan mesin 1.000 cc yang diaplikasikan Triber, posisi calon tulang punggung Renault di Indonesia ini bisa disejajarkan dengan Low Cost Green Car (LCGC) 7 penumpang seperti Daihatsu Sigra tipe D atau M.

 

Mesin

Renault Triber mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc 3 silinder dengan tenaga 72 ps serta torsi 96 Nm. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau Automatic Manual Transsmision (AMT).

Sementara itu Sigra mengandalkan mesin 1.000 cc 3 silinder yang mampu menghadirkan tenaga sebesar 67 ps pada 6.000 rpm, kemudian memiliki torsi puncak 89 Nm pada rpm 4.400. Sayangnya untuk Sigra bermesin 1.000 cc hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Baca juga: Panduan Membeli Toyota Rush Dan Daihatsu Terios Bekas

Untuk urusan performa mesin, Renault Triber sedikit lebih unggul ketimbang Daihatsu Sigra tipe terendah. Selain itu Triber juga punya nilai plus karena memiliki pilihan transmisi yang lebih beragam.

 

Dimensi

Meski mengusung platform yang sama dengan Renault Kwid, nyatanya Triber dibuat lebih besar dengan dimensi nyaris setara mobil-mobil di segmen LMPV, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio bahkan Mitsubishi Xpander.

Triber tercatat punya dimensi dengan panjang 3.990 mm, lebar 1.547 mm, dan tinggi 1.662 mm. Sedangkan Sigra tampil dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm. Artinya Triber memang lebih kompak dibanding Sigra. 

Baca juga: Daftar Harga NISSAN Terbaru (Juni 2019)

 

Fitur

Untuk urusan fitur, Sigra tipe D dan M harus menerima keunggulan yang dimiliki Triber. Di bagian interior Triber memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki Sigra, seperti halnya head unit layar sentuh berukuran 8 inci, 4 buah airbags, keyless entry, start stop engine button dan fitur konektifitas seperti Android Auto serta Apple Carplay.

Harga

Jika berbicara Daihatsu Sigra 1.000 cc, maka pesertanya adalah Sigra tipe D M/T dan tipe M M/T yang dijual Rp 114 dan Rp 122,9 juta. Sampai saat ini Renault belum membocorkan harga Triber untuk pasar Indonesia, namun jika mengacu harganya di pasar India, mobil ini dibanderol antara Rp 102 – 174 jutaan.

Baca juga: First Drive: Hyundai Kona 2019

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com