FIRST DRIVE: Daihatsu Xenia 1.5 ASA 2021

 Aditya Widiutomo    04 December, 2021
First Drive

Daihatsu Xenia resmi diluncurkan pada ajang GIIAS 2021. Kami pun langsung merasakan bagaimana impresi pertama berkendara dengan LMPV fenomenal ini.

Langsung saja kita sandarkan badan di jok pengemudi dari Daihatsu Xenia. Dan rasanya cukup mengejutkan dan sangat berbeda dibandingkan generasi terdahulu. Posisi duduknya bisa cukup rebah dengan pengaturan ketinggian yang bisa diatur secara fleksibel. Jadi, meski ia tidak dilengkapi dengan pengaturan setir secara teleskopik, tetapi bagaimanapun postur tubuh Anda akan tetap menyenangkan mengendarai Daihatsu Xenia generasi terbaru ini.

Kami pun langsung menjalankan Daihatsu Xenia ini. Hal yang langsung terasa adalah transmisi CVT yang cukup halus tetapi cukup responsif ketika menekan pedal gas penuh. Meski ia tidak dilengkapi dengan mode Sport, namun terasa tenaga mesin 1.500 cc-nya cukup instan.

Lantas bagaimana dengan karakter suspensinya? Well, bisa dikatakan bantingan suspensinya bukan yang terempuk di kelasnya. Akan tetapi, dengan basis baru-nya, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA), kami merasa handling Xenia merupakan yang terbaik di kelasnya. Ketika melakukan manuver dengan LMPV ini, rasanya seperti mengendarai sebuah sedan.

Akan tetapi bukan berarti bantingan suspensinya keras. Saat di kecepatan rendah, suspensi terasa cukup empuk dengan rebound  yang terbilang dewasa. Jadi sebagai kesimpulan, suspensi Xenia tergolong cukup baik dengan handling yang sama sekali tidak limbung.

Lantas bagaimana dengan mesinnya? Kami pun berkesempatan untuk mengetes akselerasi dari Xenia generasi terbaru ini. Dan hasilnya, kecepatan 0-100 km/jam ditempuh dalam waktu 11,9 detik saja. Artinya, perpaduan mesin 1.500 cc, transmisi otomatik CVT dengan penggerak roda depan mampu membuat performa yang sangat efisien.

Adit

Akan tetapi, tentu mobil ini tidak luput dari berbagai kekurangan. Seperti pengaturan setir yang tidak bisa diatur secara teleskopik dan headunit yang tidak begitu responsif.

Selain itu, Daihatsu Xenia tipe tertinggi juga kini dilengkapi dengan fitur radar canggih Advanced Safety Assist alias ASA. Mungkin fitur ini menjadi yang pertama di kelas LMPV.

Kesimpulan

Well done Daihatsu atas terciptanya Daihatsu Xenia generasi terbaru. Dengan perubahan yang cukup signifikan, Xenia kini terasa semakin up to date dengan perkembangan zaman. Penggerak berubah  menjadi roda depan yang semakin efisien dan handling yang handal. Tak perlu khawatir dengan perubahan penggerak, karena dapat dipastikan mesin serta penggerak barunya dapat melalui jalanan seluruh Indonesia dengan piawai dan tidak kalah tangguhnya dengan Xenia generasi terdahulunya.

Kelebihan

  1. Handling terbaik di kelasnya
  2. Figur akselerasi sangat baik
  3. Fitur radar canggih pertama di kelasnya

Kekurangan

  1. Pengaturan setir teleskopik absen
  2. Headunit kurang responsive

Spesifikasi

Daihatsu Xenia 1.5 ASA

Harga: Rp 242,4 juta, Special Color: Rp 243,9 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 107 PS

Torsi maksimum: 136 Nm

Penggerak: roda depan

Foto tambahan

Adit

Adit

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaService Berkala Daihatsu Diskon Hingga 25% Selama Ramadhan, Berikut Detailnya19 March 2024BeritaCuma Butuh 2 Bulan Daihatsu Berhasil Jual 32.000 Unit, Inilah Tiga Model Terlaris17 March 2024BeritaPemilik Daihatsu Xenia 2021-2023 Segera Bawa Mobil Anda Ke Bengkel Resmi Untuk Perbaikan!17 March 2024BeritaDaihatsu Belum Perlu Jualan Mobil Hybrid. Ini Asalannya15 March 2024

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaPeriklindo: Road Map Elektrifikasi Nasional Tetap Berjalan7 jam laluBeritaMelihat Keunggulan BAIC X55 II, Bertenaga Mesin Lebih Besar Ketimbang Almaz dan Omoda 8 jam laluBerita Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Kawal Pemudik Lebaran 20248 jam laluMobil ListrikNissan Bakal Jual 16 Mobil Listrik di 202612 jam laluBeritaBAIC Resmi Jualan di Indonesia, Dua Model Ini Yang Bakal Dilepas Dalam Waktu Dekat13 jam laluBeritaAda Satu Merek Mobil Cina Lagi Meluncur Minggu Depan Di Indonesia14 jam laluBeritaBuka Puasa Bersama Komunitas Suzuki Jimny Dan Katana16 jam laluBeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?1 hari lalu