Wuling Cloud EV Dirancang Khusus Untuk Setir Kanan

 Suryo Sudjatmiko    05 May, 2024
Berita

OTODRIVER - Mobil Jepang masih menjadi penguasa pasar nasional. Mobil brand negeri matahari terbit ini berasal dari negeri yang menganut posisi stir kemudi sebelah kanan.

Hal inipun kemudian berpengaruh pada tata rancang mobil ini, salah satunya menempatkan tuas lampu dan lampu sein ada di sebelah kanan. Sedangkan tuas wiper ada di sebelah kiri. Pun demikian pula dengan mobil Jepang yang mengunakan model coloumn shifter seperti Honda CR-V gen 1 ataupun Nissan Serena C24 di mana tuas transmisinya ditempatkan pada kolom kemudi sebelah kiri.

Sedangkan untuk mobil-mobil asal Eropa atau Amerika yang notabenenya dari asalnya menganut posisi stir di sebelah kiri seperti Mercedes-Benz, BMW ataupun Jeep meletakkan tuas lampu sein di sebelah kiri dari kolom kemudi. Sedangkan untuk tuas transmisi model coloumn shifter berada di sebelah kanan.

Walaupun sudah menempatkan posisi kemudi di sebelah kanan, namun pada umumnya mobil-mobil tersebut masih bulat-bulat menempatkan posisi tuas-tuas tersebut.

Akan tetapi hal ini tidak terjadi pada Wuling. Walaupun di negara asalnya menganut posisi pengemudi di sebelah kiri, namun ketika menjajakan produknya di negara dengan posisi stir kanan, mereka melakukan penyesuaian posisi tuas-tuas itu.

Posisi tuas lampu dan lampu sein ada di sebelah kanan

Seperti halnya yang kami temui pada sosok Wuling Cloud EV. Mobil yang di negeri asalnya dikenal sebagai Baojun Cloud EV atau Baojun Yunduo tersebut menempatkan tuas-tuas itu layaknya mobil Jepang. Perlu diketahui bahwa China memberlakukan posisi kemudi ada di sebelah kiri.

Pada Cloud EV, posisi tuas lampu seinnya ada di sebelah kanan dan posisi tuas transmisi model coloumn shifter ada di sebelah kiri.

Hal ini membedakannya dengan umumnya mobil listrik brand lain yang berasal dari negara dengan posisi stir ada di kiri seperti Hyundai Ioniq 5 ataupun Chery Omoda E5 yang tetap mempertahankan posisi tuas-tuas itu seperti halnya mobil stir kiri.  

Posisi tuas transmisi bermodel Coloumn shifter Cloud EV ada di sebelah kiri seperti mobil Jepang

“Kita sesuaikan dengan kondisi wajarnya mobil setir kanan, jadi tidak bulat-bulat mengadopsi yang mengadopsi setir kiri,” tutur Danang Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors saat ditemui di sela test drive Cloud EV di bilangan Jakarta Utara beberapa waktu lalu. “Akan memudahkan bagi mereka yang familiar menggunakan mobil setir kanan seperti di Indonesia,” lanjutnya.

Perihal posisi tuas-tuas ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah terutama bagi mereka yang biasa mengendarai mobil-mobil Eropa ataupun Amerika. Tidak butuh effort besar untuk melakukan penyesuaian untuk menguasai hal ini.

Namun apa yang dilakukan oleh Wuling perlu diberikan apresiasi lantaran mereka melakukan upaya untuk memberikan feel mengemudi yang ideal bagi mobil stir kanan. (SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaWuling Cloud EV Resmi Dibanderol Di Bawah Rp 400 jutaan3 hari laluMobil ListrikWuling Cloud EV Potensi Besar Diterima Jadi Pilihan Mobil Listrik Keluarga5 hari laluBeritaWuling Cloud EV ‘Menyala’ Di Ajang Pameran Kendaraan Listrik09 May 2024BeritaWuling Ajak Komunitas Jajal Langsung Cloud EV05 May 2024

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Daftar Harga MERCEDES-BENZ Terbaru (Mei 2024)
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Daftar Harga MINI Terbaru (Mei 2024)
Hyundai Siapkan Ioniq 3 Sebagai Pesaing Langsung EV Murah Dari China

Berita Terbaru

BeritaHonda Berkolaborasi Dengan IBM Untuk Kembangkan Software dan AI10 jam laluBeritaMelihat Langsung Megahnya Pabrik VinFast di Vietnam, Jadi Bekal Bersaing di Tanah Air11 jam laluBeritaBumblebee Versi Listrik Bakal Meluncur 2026, Simak Bocorannya11 jam laluTipsBuat Para Penggemar Kecepatan, Hyundai Ioniq 5 N Sebentar Lagi Datang12 jam laluMobil ListrikToyota Hilux EV Segera Hadir Tahun Depan12 jam laluBeritaKesuksesan Vinfast Di Negara Asalnya Akan Diimplementasikan Di Indonesia1 hari laluBeritaEurokars Group Untuk Pertama Kalinya Tawarkan Mobil Bekas, Mulai Porsche Hingga Bentley1 hari laluBeritaPrestige Motor Resmi Jadi Dealer BAIC. Akan Sediakan Lahan Khusus Untuk Test Drive Off-Road1 hari lalu