Periklindo: Road Map Elektrifikasi Nasional Tetap Berjalan

 Erie W. Adji    29 March, 2024
Berita

OTODRIVER - Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) bersama Dyandra Promosindo memastikan akan menyelenggarakan PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 pada 30 April - 5 Mei 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pameran ini merupakan bentuk komitmen PERIKLINDO dengan pihak Dyandra Promosindo untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan transisi kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini, disampaikan pada kesempatan Media Gathering di Jakarta, pekan ini (27/3).

Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko, memberikan penjelasan soal perhelatan kendaraan tenaga listrik ini panjang lebar. “Penyelenggaraan PEVS setiap tahunnya, tak lain tak bukan demi menyongsong tiga hal. Pertama, sungguh-sungguh mengajak masyarakat bermigrasi menggunakan kendaraan listrik demi meningkatkan upaya menyelamatkan lingkungan.”

“Kedua, mendukung pemerintah dalam meningkatkan penyerapan berbagai insentif yang diberikan pemerintah untuk percepatan transisi kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Terakhir, adalah menjadi wadah edukasi dan literasi, tentang bagaimana memberikan pendidikan kepada anak-anak kita tentang ekosistem kendaraan listrik dan dampak positif yang sangat luas bagi lingkungan serta masyarakat. Pada kesempatan ini, saya berharap agar gelaran PEVS 2024 dapat ter-deliver kepada publik seluas-luas nya sehingga memberikan dampak yang sangat besar,” urainya lebih lanjut.

Ekosistem isi ulang daya listrik kini jadi prioritas

Sejurus kemudian Moeldoko juga menjelaskan bahwa road map untuk elektrifikasi kendaraan di Indonesia tetap berjalan. Kendati pada paruh kedua tahun ini pemerintahan baru telah terbentuk.  “Seperti kita ketahui bersama, impor minyak untuk bahan bakar kendaraan bermotor kan masih sangat tinggi, dan terus aka nada evaluasi soal kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan elektrifikasi kendaraan,” ungkap pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Presiden “Kabinet Indonesia Maju”.

Lebih lanjut diterangkannya lagi bahwa pemerintah sedang menyiapkan pelaksanaan rencana untuk akselerasi pembentukan ekosistem atas charging station.

Paling tidak saat ini pihak Gotion sudah memberikan paparan perihal penyebaran stasiun isi ulang daya listrik yang jumlah ribuan. Pihak Vinfast juga disebutkan sudah berkosultasi intensif soal rencana investasi tambahan khusus untuk jaringan charging station di Indonesia sebesar 100 juta dolar AS.

“PLN juga melakukan pemaparan ke saya soal pemberdayaan tiang listrik, karena mereka sudah menemukan modul charging yang lebih sederhana dan efisien, setidaknya untuk motor listrik, pengembangan soal charging station juga sedang dikembangkan oleh mereka,” ungkap mantan Panglima TNI ini.

Soal insentif yang akan diberikan ke mobil hybrid menurut Moeldoko sudah masuk dalam agenda pembahasan intensif oleh pemerintah. “Nanti akan dibahas lebih lanjut oleh Kementerian teknis, walaupun sampai saat ini masih belum ada draft-nya,” ujarnya.

Dipungkaskan, untuk penanganan limbah dari kendaraan listrik juga diyakinkan oleh Moeldoko bahwa lewat Kementerian Lingkungan Hidup sudah ada verifikasi atas barisan perusahaan yang fokus menangani limbah kendaraan listrik. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Mobil ListrikTidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik1 hari laluBeritaTertarik GWM Haval H6 Hybrid? Simak Skema Kreditnya Hingga 6 Tahun1 hari laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya3 hari laluBeritaFirst Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas3 hari lalu

Trending

Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaBYD Resmikan Dealer Terbesar Mereka di Bekasi, Ini Lokasinya3 jam laluMobil ListrikTesla Model 3 Varian Performance Resmi Dirilis, 0-100 Tidak Sampai 3 Detik5 jam laluBeritaDaihatsu Jamin Model 2024 Aman dan Bebas Skandal Uji Tabrak9 jam laluKomparasiKomparasi Dimensi, Spesifikasi Mesin, Dan Harga Citroen C3 Aircross vs Rival13 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUBARU Terbaru (April 2024)14 jam laluBeritaFortuner Pelat Dinas TNI Palsu Arogan Menabrak Mobil Lain, Ketahui Lagi Fungsi Semestinya Towing Bar16 jam laluBeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-61 hari laluMobil ListrikTidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik1 hari lalu