Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Kolaborasi Bisnis Mobil Listrik Honda-Mitsubishi

Memanfaatkan keunggulan komparatif antara kedua pabrika dalam hal energi terbarukan
Berita - Sabtu, 22 Juni 2024 16:00 WIB
Penulis : Erie W. Adji
Baterainya bisa pakai sistem sewa pakai


OTODRIVER - Mengawali pergantian semester 2024, bulan Juli ini dua raksasa Jepang, Honda Motor Co, Ltd. dan Mitsubishi Corporation menjalin kolaborasi membangun sebuah perusahaan baru yang dinamai ALTNA Co., Ltd..

Bagi Honda, ini merupakan kerjasama strategis yang kesekian kalinya menyangkut kendaraan dan energy ramah lingkungan dengan pabrikan lain, sebagaimana yang sudah disepakati dengan pihak Toyota maupun Nissan, Isuzu, serta General Motors.

Perusahaan dengan porsi saham berimbang itu secara khusus ditujukan untuk menghasilkan kendaraan listrik. Tentu saja duet ini juga berkeinginan untuk menekan beban kerja sekaligus biaya dalam merespon animo kendaraan listrik yang ternyata tidak bisa ditahan juga oleh pabrikan Jepang. 

BACA JUGA

Secara spesifik, keunggulan komparatif dari kedua pabrikan ini adalah Honda yang sudah lebih maju dalam pengembangan kendaraan liistrik dan pemakaian baterainya. Sementara pihak Mitsubishi akan banyak berperan dalam pengembangan optimalisasi pembangkit daya, desain baterai berdasarkan desain kendaraan, sampai perihal fasilitas isi ulang daya listrik. 

Nantinya setiap produk yang dihasilkan dari kolaborasi kedua pabrikan utama Jepang ini ditargetkan bisa menekan cost of ownership dari setiap pemakai mobil listrik buatan ALTNA. Termasuk juga proyeksi pemakaian unit baterai yang punya masa pakai selama mungkin. 

Langkah pertama dari ALTNA adalah memasarkan Honda N-VAN e dengan skema sewa pakai baterai dan peranti pendukungnya. Program ini akan dilakukan mulai bulan Oktober nanti. Setiap pengguna van mini itu akan bisa memiliki hak pakai untuk baterai dan paket sistem monitornya selama masa sewa yang disepakati. 

Saat baterai-baterai yang sudah dipakai tersebut tidak lagi dalam kondisi maksimal maka peruntukannya akan digeser ke pemakaian untuk kebutuhan lain. Misalnya dijadikan peranti yang berisi daya listrik pada unit pengisian ulang daya listrik atau SPKLU yang dioperasikan ALTNA. (EW)


Tags Terkait :
Honda ALTNA Mitsubishi Mobilliistrik Baterai Ev
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Kolaborasi Bisnis Mobil Listrik Honda-Mitsubishi

3 minggu yang lalu


Berita
Honda Tutup Pabrik di Thailand Agar Fokus Bangun Pusat Perakitan EV

2 hari yang lalu


Berita
GWM Haval Jolion HEV Jadi Crossover B-Segmen Terkuat Di Indonesia. Siap Hajar Yaris Cross dan HR-V?

5 hari yang lalu


Berita
Suzuki Ignis Tak Lagi Dijual, Simak Perbandingan Spesifikasi Dengan Honda Brio RS

6 hari yang lalu


Terkini

Berita
Dealer BYD BIPO Serpong Resmi Dibuka, Ini Lokasi Dan Fasilitasnya

49 menit yang lalu


Berita
Suzuki Fronx, (Ternyata) Tidak Muncul Di GIIAS 2024

1 jam yang lalu


Berita
Sedan Berperforma Tinggi Audi Tetap Pertahankan V8 Untuk Tandingi M5 dan AMG

4 jam yang lalu


Berita
Garansi Seumur Hidup Neta Hanya Berlaku Untuk Konsumen 2024

5 jam yang lalu


Berita
Hyundai: Hingga Saat ini, Konsumen Masih Ragu Beli Mobil Listrik

8 jam yang lalu