Indonesia Akan Jadi Sentra Produksi SUV Monokok Pengganti Innova dan Pajero Sport

 Suryo Sudjatmiko    30 January, 2023
Berita

Kami mendapatkan informasi bahwa kelak para produsen mobil penumpang dengan sasis tangga akan memindahkan lini produksinya ke luar Indonesia. Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport hengkang dan akan fokus diproduksi di Thailand. Sebagai gantinya, baik Three Ovals ataupun Tiga Berlian akan punya produk baru berupa SUV Crossover monokok, di mana Indonesia akan jadi pusat produksinya.

“Kemungkinan langkah tersebut diambil karena akan lebih efisien jika menfokuskan produk di Thailand, sedangkan untuk Indonesia akan jadi sentra produksi lainnya,” tutur narasumber terpercaya Otodriver saat dihubungi beberapa waktu lalu.

“Pengganti Fortuner kisahnya akan sama dengan pengganti Innova. Proyek IMX-2 akan menghasilkan SUV crossover ukuran menengah hingga besar dan bisa dikatakan wujudnya sebagai mobil dengan penggerak roda depan,” ungkapnya.

Baca juga : Mengungkap IMX -2, Calon Pengganti Toyota Fortuner di Indonesia

Jika mengacu pada IMX-1 yang menghasilkan Innova Zenix, maka bisa saja IMX-2 ini akan menggunakan platform yang sama yakni TNGA-C. Kemungkinan akan berwujud SUV Crossover dengan kapasitas 7 penumpang.

Sementara dari sisi Mitsubishi, posisi Pajero Sport juga akan digantikan oleh SUV crossover.

Dari spekulasi yang ada, mobil penganti Pajero Sport tersebut akan muncul sebagai rival dari Honda HR-V. Sejauh ini spekulasi mengerucut pada sosok mobil konsep yakni XFC Concept yang akan menduduki posisi di atas Xpander Cross.

Baca juga : Produksi Mitsubishi Pajero Sport Hengkang dari Indonesia. Ini Calon Penggantinya

Lalu bagaimana nasib Fortuner dan Pajero Sport?

Kemungkinan besar kedua produk yang saling bersaing itu akan tetap menjadi list dari dagangan pada masing-masing brand. Keduanya akan dikirim CBU dari Thailand.

Kemungkinan sosok IMX-2 akan dekati desain Highander

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Crash TestVIDEO: Crash Test Mitsubishi Triton Generasi Terbaru (ANCAP)1 hari laluBeritaToyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik3 hari laluBeritaCicilan Toyota Yaris Cross Hybrid Tipe Tertinggi Mulai Rp 8 Jutaan, Begini Skema Angsurannya3 hari laluCrash TestVIDEO: Crash Test Toyota All New C-HR (Euro NCAP)4 hari lalu

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

Berita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 8 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien15 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China16 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 202417 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak18 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri1 hari laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara1 hari laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari lalu