Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Intip Resep Kemenangan Mitsubishi Ralliart Triton AXCR 2022

Daya tahan jadi kunci utama kemenangan tim Ralliart di AXCR
Berita - Kamis, 1 Desember 2022 20:55 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


Jalan kembali ke kancah motorsport bagi Mitsubishi nampak begitu cemerlang. Setelah 12 tahun mati suri, akhirnya pada gelaran Asian Cross Country Rally (AXCR) 2022 menjadi bukti kembalinya kiprah Mitsubishi Ralliart ke ajang balap.

Uniknya  prestasi gemilang Mitsubishi Ralliart ini justru datang dari kesederhanaan modifikasi yang dilakukan oleh tim yang dipimpin langsung oleh Hiroshi Masuoka, pembalap Tiga Berlian yang melegenda di Reli Dakar.

BACA JUGA

Dengan bermodal double cabin Triton semuanya bermula. Berdasarkan spesifikasi yang ada dibrosur, mesin 4N15 dengan isi silinder 2.442 cc mampu menelorkan daya 181 hp/3.500 rpm dan menghasilkan torsi sebesar 430Nm/2.500 rpm. Kinerja penenggak solar ini diakurkan dengan girboks manual 6 speed.

“Mesin bisa dikatakan hampir sepenuhnya standar. Turbo hanya dikulik sedikit dengan menggunakan retractor turbo berukuran 29. Walaupun sebenarnya di kelas T1 ini boleh melakukan modifikasi turbo dengan ukuran yang jauh lebih besar,” tutur Rifat Helmy Sungkar, pereli Indonesia yang dipercaya Ralliart untuk melakukan debut perdananya dalam kejuaraan cross country ini.

“Untuk engine management memang sudah diupgrade dengan menggunakan Motec, selebihnya standar bawaan pabrik,” sambungnya saat dijumpai di Buriram, Thailand beberapa waktu silam. "Dan ini berlaku sama dengan rekan satu tim kami, Chayapon Yotha (Thailand)," sambungnya.

“Menurut engineer kita, kinerja mesin sudah cukup baik dan kami lebih berfokus pada endurance supaya mesin tetap lebih awet untuk menyisir jalanan reli yang mencapai ribuan kilometer,” ungkap pria yang juga brand ambasador Mitsubishi di Indonesia ini.

Perhatian selanjutnya terdapat pada bagian kaki-kaki. Boleh dikata bahwa pihak Ralliart tidak banyak memoles kinerja kaki-kaki standar Triton. Sokbreker aftermarket bikinan Cusco dipercaya untuk mensuport kinerja suspensi doble wisbone standar kendaraan pada bagian depan dan per daun di bagian belakang.

Untuk pelek Ralliart mempercayakan pada produk Work dan diakurkan dengan ban Yokohama Geolandar  MT. Sedangkan untuk rem menggunakan produk Endless pada keempat rodanya.

Kiat memangkas bobot kendaraan pun dilakukan, seperti mengganti kap mesin dan pintu-pintu dengan material serat karbon yang ringan. “Kaca samping pun diganti dengan bahan dari polycarbonate supaya bobotnya kian ramping. Namun enaknya, mobil ini tetap menggunakan AC  jadi, masih ada nyaman-nyamanya sedikit,” kekehnya.

Walau demikian, Rifat mengatakan bahwa pemangkasan bobot tersebut seimbang dengan bobot rollbar yang dipasang di dalam kabin.

“Selain itu kami harus membawa sepasang ban serep, sebuah dongkrak buaya dan sebuah winch portable yang bisa dipasangkan depan maupun belakang kendaraan,” imbuh pembesut Xpander AP4 ini.

Selain gubahan di atas, mulai dari gardan, sasis dan juga girboks merupakan standar bawaan pabrik.

Dengan segala pencapaian ini apakah pada tahun depan akan ada improvement yang bakal dilakukan Ralliart pada Triton di kejuaraan yang sama?

Dalam konferensi pers virtual, Hiroshi Masuoka, Team Director Ralliart mengungkapkan bahwa tim mereka diharapkan dapat menciptakan mobil reli yang memanfaatkan kualitas dasar produksi berbasis Triton, seperti yang mereka lakukan tahun ini. “Tunggu informasi selanjutnya dari kami. Sementara kami memperkirakan bahwa para rival akan memperkuat performa mereka untuk AXCR berikutnya,” ungkapnya.

Sebagai juara bertahan Tim Mitsubishi Ralliart akan mengasah mobil reli dengan data yang dikumpulkan melalui tantangan AXCR tahun ini. “Secara detail, kami bertujuan untuk meningkatkan tenaga mesin, dan meningkatkan performa handling dengan perbaikan suspensi, dan pengurangan bobot bodi,” tutup sang legenda Reli Dakar.

Sebagai informasi tambahan, Mitsubishi Triton Ralliart yang bertarung di AXCR ini ternyata dibuat replikanya dan dipajang di kantor pusat Mitsubishi Motors di Tamachi, Tokyo sejak 21 November lalu.


Tags Terkait :
Mitsubishi Triton Ralliart AXCR 2022
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Sebelas Mobil Terbaru Jadi Pilihan Mudik In Style 2024

2 bulan yang lalu


Berita
Mitsubishi Pastikan Stok Aman Untuk Lebaran

1 tahun yang lalu


Berita
Mitsubishi Hadir Di GJAW 2023 Meski Tanpa XFC Concept

1 tahun yang lalu


Berita
Mitsubishi Tunjukan Kepedulian Terhadap Sesama di Bulan Ramadhan

2 tahun yang lalu


Berita
Mitsubishi Berikan 3 Program Menarik Dalam Rangka Idul Fitri, Apa Saja?

3 tahun yang lalu


Used Car
Jelang Lebaran 2019, MPV Bekas Masih Idola

5 tahun yang lalu


Berita
Mitsubishi Adakan Program SMILE Campaign Jelang Lebaran

8 tahun yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

1 hari yang lalu


Terkini

Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

1 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

4 jam yang lalu


Berita
BYD Cetak Dua Sejarah Besar Bulan Ini, Apa Saja?

4 jam yang lalu


Tips
Beberapa Penyebab Pendeknya Usia Shockbreaker

5 jam yang lalu


Berita
Tidak Mau Ketinggalan Dengan Brand China, Ford Siapkan EV Mungil Untuk 2027

7 jam yang lalu