Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2017 Akan Pakai Mesin "NR". Apa Bagusnya?

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2017 Akan Pakai Mesin "NR". Apa Bagusnya?

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang bersiap punya model baru diduga kuat akan punya opsi mesin 1.200 cc. Sumber tenaga tersebut sepertinya punya kesamaan dengan mesin Perodua Axia 1.000 cc (Agya versi Malaysia) yang meluncur pada awal 2017 ini.

Walau pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen mesin tersebut enggan buka suara mengenai cikal bakal duo LCGC itu, tapi info mengenai keunggulan mesin berkode NR itu sudah mulai terkuak.

 

Mesin Perodua Axia

 

"Ya, mesin berkode NR bermaterial aluminium pada bagian block dan head cylinder-nya," buka Anjar Rosadi selaku Technical Service Executive Coordinator PT ADM (23/3). 

Mesin berkode tersebut sudah lebih dulu dipakai Toyota Sienta (1.500 cc) dan Calya - Sigra (1.200 cc), dan Anjar tak menampik Ayla dan Agya 1.200 cc nantinya akan pakai mesin berkode serupa.

"Fungsi bahan aluminium pada mesin itu bukan cuma untuk mengejar bobot mesin yang ringan, tapi sifat aluminium yang mudah melepas panas bakal jadi keunggulan tersendiri," seru Anjar.

Selain memakai material yang lebih bagus dibanding mesin 1.000 cc, unit NR Ayla dan Agya 2017 juga berteknologi Dual VVT-i. Teknologi pengaturan bukaan klep di kepala silinder ini tentunya bakal membuat Agya punya output yang optimal plus efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Menurut bocoran yang OtoDriver laporkan pekan lalu, Agya - Ayla bermesin 1.200 cc mampu menghasilkan 88 PS di 6.000 rpm. Torsi yang dihasilkan di angka 108 Nm pada 4.200 rpm.

Agya - Ayla yang juga bakal mendapat penyegaran di sektor eksterior ini diprediksi meluncur secara resmi pada pertengahan April 2017. 

 

Baca juga:

Mesin Toyota Avanza Dan Sienta 3 Tahun Lagi Berbahan Aluminium Lokal

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com