Mau Beli Chevrolet Spin Diesel? Periksa 3 Hal ini

Mau Beli Chevrolet Spin Diesel? Periksa 3 Hal ini

Membeli mobil bekas tentu tidak boleh sembarang pilih, perlu ada beberapa hal yang diperhatikan atau diperiksa sebelum menentukan pilihan, jaga-jaga jika mobil tersebut ternyata bermasalah.

Hal tersebut juga berlaku jika konsumen ingin membeli Chevrolet Spin bermesin diesel. Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan konsumen. Mulai dari suara mobil, asap yang dikeluarkan dan mesin penenggak solarnya itu sendiri.

"Kalau diesel lumrah kaya mobil-mobil lain. Satu; suara, kedua; dia ngebul apa engga, ketiga; dia basah engga mesinnya, maksudnya bocor-bocor oli gitu, yang lain standar pemeriksaannya," ujar pemilik bengkel Detriot Autoworks (Spesialis Chevrolet), Riyanto, saat dihubungi OtoDriver, Selasa (3/3).

 

Terkait suara, lebih jauh Riyanto yang bengkelnya berlokasi di daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan ini menjelaskan, mobil dengan mesin dieesel memang punya karakter gaungan suaranya yang lebih kasar. Namun arti kata kasar itu juga ada batasnya. Apalagi menurutnya, Chevrolet Spin ini termasuk mobil dengan mesin diesel yang suaranya halus.

"Giliran ketemu suaranya yang agak kasar berarti tanda tanya. Memang karakter diesel pasti kompresi tinggi kan lebih kasar dari bensin, cuma kalau yang sekarang kan halus, beda sama diesel zaman dahulu," jelasnya.

Lalu terkait asap yang dikeluarkan dari knalpot. Sekali lagi Riyanto mengatakan, mobil dengan mesin diesel memang punya karakter asapnya yang tebal. Namun itu pun ada batasnya. Jika Spin incaran mengeluarkan asap hitam terlalu pekat kemungkinan besar ada masalah.

"Cek ngebul apa engga-nya, kalau standar mesin berbahan bakar solar pasti ngebul cuma dia ngebulnya terlalu pekat apa tidak dari knalpot. Kalau ngebulnya pekat kan berarti kemungkinan sudah ada yang bocor," tuturnya.

"Sama cek yang bocor-bocor. Jadi lebih banyak periksa mesin sih. Kalau interior kan relatif yah," pungkas Riyanto.

Sebagai informasi tambahan, Chevrolet Spin diesel disokong mesin bervolume 1.248 cc., yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 74 dk/4.000 rpm dan torsi puncak 190Nm/1.750. rpm.

 

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com