Jangan Sampai Keliru, Berikut Ciri-ciri Oli Palsu

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Sabtu, 26 Agustus 2023 12:00 WIB
Tips - Jangan Sampai Keliru, Berikut Ciri-ciri Oli Palsu
Bagikan ke:
Ciri-ciri oli palsu bisa dilihat dari kemasan dan harganya yang miring.

OTODRIVER- Oli merupakan komponen penting kendaraan yang wajib diperhatikan, namun tak sedikit oknum yang memalsukannya.

Menurut Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ketua Umum Masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI), sangat sulit untuk membedakan oli palsu atau tidak, bahkan hampir mirip.

"Jujur sangat sulit bahkan tidak ada bedanya, bahkan ada oli palsu yang dilengkapi dengan segel," katanya, dalam acara 'Upaya Bersama Memerangi Oli Palsu' bersama Aspelindo.

Namun ada beberapa yang menjadi ciri oli tersebut terindikasi palsu. Lantas apa saja?

"Kalau lebih sering mengganti oli dari standar yang diberikan oleh produsen itu bisa menjadi indikasi palsu," tambahnya.

Tak hanya itu saja, harga yang murah juga bisa menjadi salah satu indikasi oli tersebut palsu.

Selain itu, menurut Brahma Putra Mahayana, Jr Tech Specialist, Pertamina Lubricants ciri oli palsu bisa dilihat dari fisik.

"Identifikasi awal dari kemasan, seperti barcode dan ada juga ciri-ciri fisik kemasan seperti yang tertera di web Pertamina Lubricants," ujarnya.

Jadi pastikan untuk mengetahui tanda-tanda dari oli palsu seperti di atas.(AAR)

#oli-mobil #pelumas #oli-palsu #tanda-oli-palsu #ciri-oli-palsu #pelumas-kendaraan

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.