Berkendara Ketika Berpuasa, Perhatikan 5 Hal Ini

Berkendara Ketika Berpuasa, Perhatikan 5 Hal Ini

Mengemudi ketika sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan seperti yang saat ini berlangsung tentu berbeda dengan hari-hari biasa. Bukan saja tak boleh makan dan minum sambil mengemudi, namun pengemudi yang berpuasa di bulan suci Ramadhan juga tak boleh terpancing emosinya.

Tentu itu semua tak bisa dikatakan ringan bagi beberapa orang. Maka beberapa hal dan tips pun sebaiknya harus diketahui agar aktivitas mengemudi saat berpuasa bisa berjalan dengan lancar.

Sony Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan bahwa fokus mengemudi sejatinya datang dari suasana hati sang pengendara. Dan ini akan sangat penting dan wajib dimiliki pada setiap pengemudi yang berpuasa.

“Fokus mengemudi datang dari mood pengendara,  lakukan mengemudi dengan relax (tidak terburu-buru), tidak terpancing emosi serta terukur jarak atau waktunya, ujar Soni ketika dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Ia juga menyarankan mengemudi harus fokus serta mengetahui titik lelah. “Biasakan diri untuk tetap fokus dalam mengemudi, tidak mudah lelah serta mampu melakukan tindakan antisipasi yang positif,” tambahnya.

Tip mengemudi saat puasa oleh Sony Susmana:

1. Kontrol emosi dengan banyak melakukan toleransi terhadap sesama pengguna jalan. Jangan mudah terprovokasi.

2. Hindari fatique dengan perbanyak asupan buah, sayuran dan air putih saat sahur.

3. Selalu berfikiran positif agar mengemudi tidak cepat lelah. Yakinkan bahwa jalan raya milik bersama.

4. Kenali kemampuan diri, jangan memaksakan ketika tubuh sudah memberikan pertanda untuk istirahat.

5. Pergunakan waktu istirahat yg cukup sebelum mengemudi jarak jauh/waktu yang lama.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com