Pelajari Lagi Fitur Keyless di Toyota Avanza Veloz Terbaru

Pelajari Lagi Fitur Keyless di Toyota Avanza Veloz Terbaru

Mengikuti kemajuan teknologi dan perkembangan tren, Toyota Avanza Veloz terbaru, kini semua variannya ditambahkan fitur Keyless. Ada dua manfaat serta kemudahan yang ditawarkan fitur ini. Pertama ada Keyless entry dan Keyless Ignition atau yang lebih sering disebut 'start-stop button'.

Kedua fungsi ini pada intinya menggantikan peran kunci mobil konvensional. Dari mulai membuka pintu mobil sampai dengan menyalakan-mematikan mesin, pengemudi cukup mengantongi saja 'kunci' yang kini berubah wujud menjadi remote.

Cara pengoperasiannya juga mudah, untuk Keyless Entry, remote pengganti kunci akan memancarakan kode via transmiter melalui frekuensi tertentu. Sinyal tersebut akan diterima reciever yang ada di dalam mobil. Kode sinyal tersebut akan dicocokan oleh ECU mobil, kalau kodenya cocok, ketika Anda menekan tombol hitam di handel pintu Toyota Veloz 2019, maka kunci pintu akan otomatis terbuka dan Anda bisa masuk ke dalam mobil.

Sementara kemudahan dalam menyalakan mesin mobil, cara kerajanya tidak beda jauh dengan kunci konvensinal, namun keperaktisan yang ditawarkan jauh lebih baik. "Proses menyalakan, pertama pencet dia akan nyalain dashboard dulu. Kalau dipencet  lagi baru mesinnya akan beroperasi. Bisa juga sambil injak rem. Kalau kita injak rem --di mobil matik, atau kopling di mobil transmisi manual-- sekali pencet dia mesinnya langsung menyala," terang Didi Ahadi Technical Support PT Toyota Astra Motor.

Namun sistemnya sedikit berbeda dengan sistem keyless di sepeda motor. Terutama soal kelistrikan untuk mematikan mesin. "Kalau kuncinya dibawa keluar, mobilnya tidak akan mati, tapi dia akan punya semacam alarm peringatan untuk mengingatkan pengemudi kalau mobilmya belum dimatikan," terang Didi.

Meski menawarkan beragam kemudahan bukan berarti fitur ini tanpa cela. Dijelaskan Didi ada permasalahan umum yang kerap ditemui dan penanganannya berbeda dibanding pengguna kunci konvensional. Dua permasalahan umum tersebut adalah baterai remote yang bisa kapan saja habis.

Jika hal ini terjadi jangan khawatir, mobil masih tetap dapat dinyalakan.

"Kalau itu terjadi kan sistem tidak mendeteksi kunci dalam mobil. Cara untuk mengatasinya itu dengan menempelkan kunci pada tombol start/stop sampai ada lampu hijau menyala. Setelah itu mobil bisa dinyalakan seperti biasa," Didi menambahkan. Selain itu sama seperti jika membeli mobil tanpa fitur keyless, pemilik mobil akan diberikan dua buah remote kunci untuk mengantisipasi kalau-kalau salah satunya hilang atau bermasalah.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com