5 Hal Penting Mengemudi Saat New Normal

5 Hal Penting Mengemudi Saat New Normal

Ketika sebagian besar kota di Indonesia sudah menjalankan masa transisi menuju new normal, maka kita sudah harus membiasakan diri ketika keluar rumah. Apalagi ketika pandemi virus Corona seperti sekarang ini, tentu Anda lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Keluar rumah menggunakan mobil pribadi misalnya, bukan berarti kita terbebas dari terpapar virus. Namun agar lebih aman dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Cuci Tangan Sebelum Mengemudi

Pastikan Anda sudah membersihkan tangan Anda sebelum mengemudi. Pasalnya jika tangan Anda kotor, maka kemungkinan kuman dan virus dapat menempel pada handle pintu atau pun lingkar kemudi. Hal tersebut bisa membahayakan para pengemudi setelah Anda atau bahkan Anda sendiri. Jangan lupa untuk sediakan hand sanitizer di mobil.

2. Semprot Bagian Penting dengan Disenfektan

Seperti halnya handle pintu, setir, head unit, kunci mobil sebaiknya dibuat steril sebelum Anda memegangnya. “Seperti menyemprotkan disenfektan secukupnya disekujur bagian yang sering dipegang tangan. Hal ini dapat menghindari virus atau kuman bersarang pada bagian-bagian tersebut,” ucap Ethos Naendro selaku Founder NewLux car and detailing di bilangan BSD, Tangerang.

3. Pakai Masker

Dalam kondisi seperti ini kita diharuskan menggunakan masker saat berpergian. Tidak hanya digunakan saat keluar mobil, biasakan menggunakan masker saat berkendara. Hal ini juga berfungsi menahan droplet saat Anda bersin atau batuk.

4. Utamakan Drive Thru

Saat membeli makanan atau mengambil barang belanjaan, usahakan Anda memanfaatkan system drive thru, atau berbelanja dari mobil. Hal ini dapat menghindari tertularnya virus di dalam restoran atau tempat perbelanjaan. Namun, jangan lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelah menerima barang belanjaan dari orang lain.

5. Bersihkan Diri Sesampai di Rumah

Setelah mengemudi dalam waktu yang cukup lama, kemudian Anda juga beberapa kali keluar dari mobil. Maka sebaiknya Anda langsung membersihkan diri ketika sampai di rumah, seperti halnya mandi untuk membersihkan diri dan supaya terhindar dari kuman serta virus.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com