Tetap Bugar Nyetir di Musim Pancaroba

Tetap Bugar Nyetir di Musim Pancaroba

Perubahan cuaca atau pancaroba merupakan musim peralihan dari kemarau menuju penghujan atau sebaliknya. Salah satu ciri adalah pergantian cuaca yang terjadi tiba-tiba dan tidak menentu. Semisal pagi hari hingga siang cerah namun tiba-tiba menjelang sore mendung dan turun hujan.

 

Pada musim seperti ini, daya tahan tubuh kita diperas untuk menyesuaikan kondisi udara dan temperatur yang berubah-ubah. Selain itu di musim seperti ini juga menjadi waktu yang disukai virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan cepat.

Perubahan cuaca ini pun harus menjadi perhatian kita sebagai pengguna mobil dan dalam berkendara dituntut untuk selalu dalam kondisi kesehatan prima dan badan fresh.

“Agar tetap dalam kondisi sehat dan segar, erat hubungannya dengan pola makan dan pola hidup,” terang Mieke Saraswati salah satu ahli gizi di Rumah sakit di bilangan Jakarta Selatan. “Menjaga pola dan jenis asupan makanan disertai dengan aktifitas sehat lainnya menjadi aset untuk tetap bugar saat pergantian cuaca. Tentunya dengan tubuh bugar maka aktifitas mengemudi pun dapat dilakukan secara maksimal ,” imbuhnya.

Berikut tips untuk tetap bugar selama musim pancaroba

Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bernutrisi supaya kekebalan tubuh tetap terjaga. Perbanyak sayuran dan buah, serta hindari makanan cepat saji atau lemak tinggi.

Cukup konsumsi air putih

Jangan sampai kekurangan cairan, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

Olahraga Rutin

Luangkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit tiap harinya. Tujuannya agar tubuh tetap bugar dan kekebalan tubuh senantiasa terjaga.

Cukup itidur dan hindari Begadang

Tidur cukup akan membuat tubuh akan melakukan regenerasi semua sel yang ada di dalamnya berjalan dengan sempurna. Sebaliknya jika kurang tidur, regenerasi sel tubuh tidak akan berjalan dengan sempurna.

Bawa Baju Hangat

Perubahan yang paling ekstrim saat pancaroba adalah dari panas menjadi dingin Dengan baju hangat setidaknya dapat membantu tubuh untuk bekerja lebih keras dalam melakukan penyesuaikan dengan kondisi yang baru.

 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com