5 Tips Menjaga Bodi Mobil di Musim Pancaroba

5 Tips Menjaga Bodi Mobil di Musim Pancaroba

Perawatan mobil di musim pancaroba harus jadi perhatian saat ini. Sebab di beberapa wilayah Indonesia terpantau sudah mulai meninggalkan musim penghujan.

Dalam musim seperti ini tentu bagian yang paling kena pengaruhnya adalah ekterior alias bodi. Dalam sehari cuaca dapat berubah menjadi hujan deras dan tiba-tiba juga dapat berubah menjadi panas terik.

Foto: Danu - Surabaya

 

Cuaca yang sulit diprediksi ini membuat Anda harus menaruh perhatian ekstra pada mobil cat mobil agar penampilannya tetap terjaga. Jika perawatan pada cat mobil Anda kurang diperhatikan, cat mobil bisa menjadi kusam bahkan rusak. 

Nah, berikut adalah sejumlah tips dari pihak Asuransi Astra untuk menjaga kondisi bodi mobil kesayangan agar tetap aman di musim pancaroba.

1. Cuci mobil setelah terkena air hujan
Seperti kita ketahui air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil. Oleh karena itu, sebaiknya mobil langsung dicuci dan di lap sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil kusam dan berjamur. Tidak harus menggunakan sabun, dengan membilas mobil dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari bodi mobil.
 
2. Jangan menutup mobil dengan car cover
Masih banyak orang yang mengira dengan menutup mobil dengan sarung mobil dapat membuat cat mobil tetap awet dan mengkilap. Namun nyatanya, hal ini sangat tidak disarankan karena dengan menutup bodi mobil dengan sarung atau car cover pada malam hari atau saat hujan dapat membuat permukaan bodi mobil menjadi lembab sehingga menjadi lebih mudah berjamur, begitupun pada saat panas debu yang menempel pada permukaan mobil dan terkena angin akan menjadi lebih susah dihilangkan.

Foto: Adit

3. Hindari sinar matahari langsung
Seperti yang sudah diketahui, sinar matahari bisa mengurangi kadar warna pada cat mobil. Untuk itu, disarankan sebaiknya mobil jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung agar warna cat mobil menjadi lebih tahan lama serta tetap mengkilap.

4. Hindari kena embun malam
Bukan cuma tubuh yang bisa sakit jika terlalu sering menyerap embun malam, tetapi begitu juga dengan cat mobil Anda. Sama seperti hujan, embun malam juga mengandung zat asam yang terkandung pada air hujan. Oleh karena itu, lebih baik simpan mobil Anda di tempat tertutup seperti garasi.
 
5. Gunakan wax seperlunya
Penggunaan wax untuk merawat cat mobil boleh saja asal tidak berlebihan, karena pemakaian wax yang terlalu berlebihan dan sering dapat membuat cat mobil Anda terkikis. Jadi, gunakan wax seperlunya agar cat mobil Anda tetap mengkilap dan awet lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com