Lakukan Hal Sederhana Ini Agar Wiper Blade Awet

Lakukan Hal Sederhana Ini Agar Wiper Blade Awet

Wiper blade merupakan salah satu perangkat vital untuk menjaga kebersihan kaca depan terleih saat turun hujan. Perangkat berbahan karet ini dituntut untuk tetap kerja optimal dalam meyeka bulir air pada permukaan kaca agar pandangan pengemudi tetap jernih dalam memantau jalanan.

Namun seberapa lama umur blade kaca wiper ini dan kapan harus diganti?

“Tidak ada batas umur pakai yang benar-benar tepat untuk penggantian blade wiper. Kerusakan dan ketahannannya sangat beragam dan sangat tergantung dengan kondisi lingkunga dan perawatan,” terang Dicky dari Arland Garage, salah satu pebengkel dan restorer yang bermarkas di bilangan Cikunir Bekasi.

 

“Ada yang bilang umur pakai antara 6 atau 8 bulan, namun pada kenyataannya ada yang umurnya sampai lebih dari 12 bulan,” sambungnya.

“Kerusakan yang sering terjadi antara lain karet wiper blade menjadi keras dan getas yang disebabkan oleh perubahan cuaca dan kotoran seperti debu yang menempel,” lanjut penggemar kopi hitam ini.

Melakukan perawatan memang akan memperpanjang usia wiper, namun tidak kondisi karet yang kian mengeras sudah menjadi kodratnya. “Setidaknya ada upaya untuk membuat karet blade jadi tetap lentur dan kenyal sehingga mampu menyeka air dengan baik lebih lama,” imbuhnya.

“Cara yang murah meriah adalah dengan mengoleskan olive oil pada blade secara rutin setidaknya 2 minggu sekali. Dan apabila terpaksa parkir dipanggang matahari, upayakan agar batang wiper didirikan sehingga kontak langsung dengan kaca yang nota benenya panas saat terpanggang matahari dapat perkecil,” tutupnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com