Jurus Jitu Perpanjang Umur Wiper Blade

Jurus Jitu Perpanjang Umur Wiper Blade

Wiper dan kebersihan pandangan pada permukaan kaca depan mobil (windshield) adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Ujung tombak dari perangkat wiper, salah satunya adalah wiper blade.  Perangkat inilah yang berperan sebagai penyapu air dan kotoran di atas permukaan kaca.

Beberapa berpendapat bahwa usia pakai karet wiper (wiper blade) yang ideal sekitar 6 hingga 8 bulan. Beberapa pendapat lainnya mengatakan bahwa usianya bisa mencapai 12 bulan.

Pertanyaannya, apakah usia karet wiper benar-benar dipatok dengan angka-angka tersebut di atas?

Berdasarkan beberapa pengalaman, usia pakai wiper blade bisa diperpanjang dan ternyata kiat-kiat untuk memperpanjang masa bakti perangkat ini cukup mudah.

“Ini semua berdasarkan pengalaman pribadi, umumnya ditemui untuk menjaga perangkat ini bekerja dengan baik pada mobil klasik,” terang Jumadi dari Bengkel Auto Resto Body Repair yang bermarkas di bilangan Cikunir, Bekasi.

“Tindakan ini sebenarnya lebih cenderung sebagai tindakan pencegahan. Jadi sebelum wiper blade terlanjur rusak,” sambungnya.  

Jumadi mengatakan bahwa wiper blade harus dijaga kebersihannya dari debu yang menempel pada bilah karetnya. “Cukup dengan menggusap permukaan karet wiper itu dengan kain chamois atau yang biasa disebut sebagai Kanebo,” sambung pria ramah ini.

“Selain  wiper blade menjadi bersih juga memperkecil kemungkinan terjadi goresan pada permukaan kaca, lantaran debu yang menempel,” cerocosnya.

Lebih jauh lagi, Jumadi mengatakan bahwa untuk menjaga kelembaban karet, seka dengan minyak zaitun seminggu sekali. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan tissue.  

Selain minyak zaitun, bisa juga menggunakan bahan lain seperti silikon spray yang disemprotkan pada permukaan blade setelah peranti ini dipastikan bersih dari debu yang menempel. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com