Ini Jenis Makanan yang Cocok Untuk Teman Mengemudi

Ini Jenis Makanan yang Cocok Untuk Teman Mengemudi

Saat mengemudi dibutuhkan tingkat konsentrasi yang baik, karena pengemudi dituntut untuk selalu sigap dan selalu dalam kondisi bugar. Selain beristirahat dengan cukup dibutuhkan pula asupan makanan yang tepat sebelum melakukan perjalanan atau menyiapkan makanan pada saat diperjalanan.

“Hal yang dihindari adalah makan karbohidrat yang terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan kantuk yang bisa datang menyerang dengan tiba-tiba,” terang Mieke Saraswati, salah satu ahli gizi di rumah sakit di bilangan Jakarta Selatan.

“Dibutuhkan asupan makanan yang mampu meningkatkan dan menjaga konsentras otak agar tetap stabil,” sambungnya.

Makanan apakah yang mampu menahan stamina dengan baik selama berkendara?

Berikut ragam yang bisa Anda coba:

Pisang

Buah ini kaya nutrisi dan energy, kandungan kalium, serat, mangan, dan vitamin B yang tinggi dapat membantu produksi serotonin, norepinephrine, dan dopamine di tubuh. Hal ini berguna untuk memperlama durasi konsentrasi otak seseorang.

 

 

Blueberry

Buah mungil ini tersohor sebagai salah satu buah yang paling sehat. Tak hanya kandungan antioksidan yang tinggi, blueberry juga kaya akan vitamin C dan K. Kandungannya yang kaya akan nilai gizi, membuat buah mungil ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat blueberry di antaranya, membantu melindungi sel-sel otak dari efek negatif stres dan kecemasan, serta meningkatkan daya otak dan konsentrasi untuk waktu yang lama.

Almond dan Kenari

Jenis kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari cukup baik untuk meningkatkan konsentrasi otak terutama saat seseorang akan mengemudi. Kandungan omega 3, antioksidan, serta vitamin B6 dan E bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Selain itu, kandungan yang ada pada almond dan kenari  juga dapat menjadi stimulasi yang baik untuk otak agar tetap fokus konsentrasi.

Telur

Kuning telur memiliki kandungan choline dan lutein yang tinggi, serta memiliki peran penting pada otak, yakni untuk memaksimalkan fungsi kognitif, daya ingat, dan konsentrasi. Terdapat pula kandungan fenilalanin pada telur dapat menghasilkan dopamine yang berguna untuk meningkatkan suasana hati. Dengan suasana hati yang baik, tubuh akan memunculkan rasa nyaman sehingga pengemudi akan lebih mudah berkonsentrasi pada saat mengemudi.

Kafein

Kafein memberikan  stimulus untuk dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Tak hanya ditemukan pada kopi, namun dapat dijumpai pula pada, teh, cokelat, dan minuman berenergi. Kafein juga dapat mengatasi rasa kantuk yang biasa melanda selama mengemudi. Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein terlalu berlebih. Dampak mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar adalah berkurangnya cairan dalam tubuh sehingga mudah timbulnya dehidrasi.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com