Liburan Ke Luar Kota Dengan Mobil Pribadi? Jangan Lupa Lakukan Ini.

Liburan Ke Luar Kota Dengan Mobil Pribadi? Jangan Lupa Lakukan Ini.

Di penghujung Oktober ini akan ada waktu liburan panjang karena cuti bersama yang berdekatan dengan libur perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tentu tak sedikit orang yang ingin mengisi waktu tersebut dengan liburan atau mengunjungi handai taulan di luar kota.

Perjalanan dengan mobil pribadi menjadi hal yang sangat mungkin dilakukan terlebih dengan situasi yang masih ada di masa pandemi seperti sekarang ini.

Melakukan perjalanan panjang dengan mobil pribadi butuh persiapan agar perjalanan tetap nyaman dan juga aman.

“Perlu diperhatikan bahwa ada dua hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan panjang, yakni persiapan pengemudi dan kesiapan kendaraan,” terang Sony Susmana,  Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) saat dihubungi OtoDriver, Kamis (22/10).

Sonny menjelaskan bahwa persiapan untuk pengemudi meliputi fisik dan mental. Karenanya dibutuhkan kesiapan khusus untuk melakukan perjalanan.

Berikut kesiapan pengemudi

1. Tidur dan istirahat sebelum perjalanan.

2. Asupan makanan sehat dan berkualitas untuk menunjang stamina selama perjalanan.

3.Perhatikan durasi mengemudi setiap 3 jam mengemudi harus beristirahat untuk melakukan relaksasi selama kurang lebih 20 menit. Namun jika jalanan lancar, durasi mengemudi bisa dinaikkan menjadi  4 jam.

4.Lakukan streching setiap kali istirahat untuk menjaga kebugaran fisik

5.Mengemudi dengan hati gembira dan selalu berpikiran positif.

Selain itu Sonny mengatakan perlu dan penting  untuk mempersiapkan kendaraan. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan cek secara visual dan melakukan penggantian part dan oli jika sudah masuk masa penggantian.

2. Cek kondisi ban dan juga tekanan angin, termasuk ban serep.

3. Cek kondisi rem baik itu minyak rem hingga kampas remnya.

4.Membawa barang seperlunya.

5.Persiapkan tool kit dan perangkat emerjensi.

Karena dilakukan selama pandemi, jangan lupa untuk selalu melakukan standar protokol kesehatan dalam pandemi. Tetap melakukan sosial distancing, tetap pakai masker, hindari kerumunan dan jangan lupa cuci tangan.  

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com