Apakah Busi Perlu Diganti Secara Berkala?

Apakah Busi Perlu Diganti Secara Berkala?

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam mesin berbahan bakar bensin. Komponen ini pun memiliki masa waktu tertentu yang harus diganti.agar fungsi untuk membakar campuran bahan bakar tetap maksimal.

Lantas kapankah pergantian busi yang optimal? Apakah dari jarak tempuh atau hanya berdasarkan waktu? David selaku pemilik bengkel Dunia Usaha Motor (DUM) di kawasan Tangerang Selatan, menjelaskan bahwa sebenarnya kedua hal tersebut bisa dijadikan referensi, hanya tinggal melihat kondisi pemakaiannya.

 

"Sebenarnya usia busi tidak ada batasan baku karena memang tergantung banyak hal. Bila ditanya baiknya ganti berdasarkan waktu atau jarak, sebenarnya hal tersebut tinggal melihat dari situasi dan kondisi saja," ujarnya, saat dihubungi oleh tim OtoDriver di bengkelnya (25/9)

Namun hal tersebut juga harus melalui pengecekan lebih dulu dan tergantung dari kondisi mobil serta jenis busi yang digunakan. Contoh busi jenis iridium, jelas memiliki kemampuan lebih dibandingkan busi reguler. Lalu mengenai kondisi mesin mobil, apakah dalam keadaan standar, atau sudah dimodifikasi yang arahnya ke urusan peningkatan performa.

"Faktor komponen penentunya banyak. Saran saya lebih baik ikuti anjuran bengkel, atau bila mau lebih pasti khususnya pengguna di Jakarta lakukan pengecekan berkala seperti tiga atau empat bulan sekali. Bila memang sudah tidak baik, bisa segera ganti," tambahnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com