Jangan Mudah Terkecoh, Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu

Jangan Mudah Terkecoh, Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu

Busi salah satu barang yang penting untuk setiap kendaraan, namun semakin banyaknya kendaraan membuat oknum memalsukan komponen penting ini.

Ternyata busi palsu bisa dideteksi dengan mudah, hal tersebut diungkapkan oleh Diko Oktaviano, selaku Technical Support product Knowledge PT NGK Busi Indonesia.

"Paling mudah itu bisa dilihat dari kode di setiap busi, kalau tidak ada kodenya dipastikan palsu, karena mereka membuatnya itu kan homemade" katanya, dalam acara Media Gathering NGK baru-baru ini.

Lebih lanjut Diko mengatakan membedakan busi palsu dan asli yakni pada bagian ring yang mudah rusak. Ia mengklaim bahwa yang baru tak mudah rusak.

     Baca Juga:   Satu Busi Mobil Bermasalah Harus Ganti Semuanya? Ini Kata Ahlinya

"Ring busi asli lebih halus dan tidak mudah dilepas walaupun memutarnya, kalau palsu bentuknya tidak rapi dan mudah dilepas," tambahnya.

Selanjutnya ada beberapa cara membedakan busi palsu dan asli, dikutip dari laman NGK salah satu yang menjadi patokan yakni ulir atau biasa disebut drat, dimana pada busi asli lebih rapi dan halus ketimbang palsu.

Selain itu, pada busi terdapat keramik sebagai isolator, untuk busi palsu keramik tersebut terlihat terlalu cerah sedangkan sebaliknya pada busi asli warna keramik terlihat sedikit doff dan tidak cerah.

Terakhir yakni plating metal shell pada busi asli menggunakan bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat, kalau busi palsu biasanya mudah berkarat bahkan ketika baru anda buka dari kardusnya sudah ada titik-titik karat yang terdapat pada plating metal shell nya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com