Mau Lolos Uji Emisi? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

Penulis: Ahmad Biondi
Sabtu, 2 September 2023 06:00 WIB
Tips - Mau Lolos Uji Emisi? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini
Bagikan ke:
Mulai 1 September 2023 akan ada razia uji emisi yang dilakukan satgas yang terdiri dari dinas lingkungan hidup, dinas perhubungan dan direktorat lalu lintah polda metro jaya.

OTODRIVER - Razia uji emisi berlangsung mulai 1 September 2023. Razia ini dilakukan oleh satgas uji emisi, yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan (Dishub), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, dan Komando Garnisun Tetap I Jakarta.

Hal ini dilakukan demi mengurangi polusi udara di Ibu Kota dan tercantum dalam Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Pergub Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Nah, agar kendaraan Anda lolos uji emisi. Berikut ada tips yang dilansir oleh Lifepal.co.id. Berikut langkah-langkahnya :

1. Rajin Servis Mobil Secara Berkala

Servis berkala merupakan salah satu cara untuk menjaga performa kendaraan kesayangan Anda. Dengan rajin melakukan perawatan, pembakaran pada mesin selalu dijaga agar berada dalam kondisi optimal.

Kondisi mesin yang terjaga membuat kinerjanya lebih efektif dan efisien, ujung-ujungnya adalah hemat bahan bakar.

2. Cek Saluran dan Jenis BBM yang Dipakai

Pastikan saluran udara tidak dalam keadaan kotor, sehingga aliran udara ke mesin selalu aman. Kadar emisi lain dari hasil pembakaran akan semakin tinggi jika saluran tersendat.

Gunakan bahan bakar minyak yang sesuai rekomendasi pabrikan. Dengan bahan bakar yang tepat, maka mengoptimalkan pembakaran di mesin, sehingga emisi gas buang bisa diminimalisir.

Foto - Mau Lolos Uji Emisi? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini
Razia uji emisi di Jakarta

3. Perhatikan Oli, Busi dan Koil Mobil

Memastikan kondisi oli senantiasa baik dan terawat, akan membantu kendaraan Anda lulus cek uji emisi gas buang.

Sebagai bagian pelumas mesin, oli berperan penting untuk menjaga mesin agar kondisinya selalu optimal dan prima. Lain halnya jika kendaraan jarang atau selalu telat ganti oli, tentu bisa membuat kinerja mesin jadi tidak baik.

Tak hanya oli saja, memastikan kondisi busi tidak aus juga membuat kendaraan lulus cek uji emisi. Sebab, kondisi busi yang aus akan membuat kadar gas karbondioksida jadi tinggi.

Itulah sebabnya, Anda harus rutin mengganti busi sesuai periode waktu pemakaian. Selain itu, rutin mengganti koil mobil dengan melihat kondisi api yang dihasilkan busi agar keadaannya selalu baik.

3. Cek Filter Udara Mobil

Memperhatikan filter udara mobil agar tidak kotor dan menyumbat udara akan membuat udara yang masuk ke mesin tidak terhambat, sehingga angka emisi senantiasa terjaga. Sebaliknya, jika pasokan udara dalam proses pembakaran kurang, maka emisi dari knalpot semakin tinggi.

4. Periksa Karburator dan Pengapian Mobil

Jika mobil yang digunakan memakai mesin karburator, pastikan Anda selalu memeriksa bagian karburator dan komponen pengapiannya. Tak hanya itu saja, cek pula bagian spuyer dan throttle valve dan mengatur dengan pengaturan yang pas agar mobil mendapat optimal performa dan efisiensi bahan bakarnya.

5. Periksa Sistem Pendingin dan Pelumas Mesin

Saat melakukan uji emisi gas buang, memastikan suhu mobil dalam kondisi stabil menjadi cara lain agar lulus cek emisi kendaraan bermotor. Caranya, memeriksa bagian sistem pendingin dan pelumas mesin.

Anda juga bisa memakai oli yang sesuai dan baik untuk mesin kendaraan, oli memengaruhi kadar karbon monoksida yang dihasilkan serta dapat mengendalikan emisi gas buang.

Itulah beberapa tips agar lulus cek emisi kendaraan bermotor di tengah solusi mengatasi polusi udara. Selain menjaga performa kendaraan. (AB)

#uji-emisi #razia-uji-emisi

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.