Pretensioner dan Force Limiter, Kemajuan Signifikan Dalam Teknologi Seatbelt

Pretensioner dan Force Limiter, Kemajuan Signifikan Dalam Teknologi Seatbelt

Seatbelt adalah perangkat keselamatan pertama yang dijadikan standar keselamatan berkendara di dunia. Dengan kehadiran perangkat ini jutaan nyawa terselamatkan karenanya.

Perangkat inipun mengalami berbagai pengembangan selama dicanangkan sebagai perangkat baku keselamatan. Salah satu yang cukup signifikan adalah diperkenalkannya teknologi pretensioner dan force limiter.

“Fitur pre-tensioner ini secara instan akan menarik (mengencangkan) tali sabuk pengaman saat terdeteksi adanya kemungkinan benturan dari depan dan menjaga penumpang pada posisi duduk yang aman,” jelas Gandhi Ahimsaputra Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam suatu kesempatan beberapa waktu silam.

“Sedangkan fitur Force Limiter merupakan fitur pengendur tali sabuk pengaman. Fungsinya, dapat menjaga tekanan pada seatbelt agar tidak terlampau kencang untuk penumpang,” lanjut Gandhi.

“Keduanya bekerja bahu-membahu untuk mereduksi peluang cidera yang lebih besar yang disebabkan oleh tali sabuk pengaman,” imbuhnya.

Kedua fitur ini juga telah terintegrasi dengan kinerja airbag guna meningkatkan standar keselamatan.

markondez

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com