Meski Made In Indonesia, Harga Wuling Air EV di Thailand Lebih Murah Ketimbang Di Sini

Meski Made In Indonesia, Harga Wuling Air EV di Thailand Lebih Murah Ketimbang Di Sini

Jakarta, OTODRIVER. Wuling Air EV yang merupakan mobil mungil hasil produksi pabrik Cikarang, akan segera dijual di Thailand. Kabarnya mobil listrik ini bakal dijual dengan harga mulai Rp 168 jutaan.

Thailand tengah bersiap meluncurkan mobil listrik Wuling Air ev yang dijual di Thailand mulai 3 Juli itu didatangkan langsung dari Indonesia.

Sebanyak 400 unit Wuling Air ev 'buatan' Cikarang bakal merapat ke pelabuhan Laem Chabang Deep Sea, sepanjang bulan Juni.

Soal harga, mengutip laman MarkLines, Wuling Air ev bakal dijual mulai 400.000 baht atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 168 jutaan (1 baht = Rp 421,98).

Jika benar, maka harga Wuling Air EV itu jauh lebih murah ketimbang di Indonesia. Sebagai perbandingan, di Indonesia Wuling Air ev ditawarkan mulai Rp 243 jutaan, belum termasuk dipotong subsidi pemerintah sebesar Rp 21 jutaan. Sementara yang termahal dibanderol Rp 299,5 juta, sebelum mendapat subsidi Rp 26 jutaan.

Sayang harga pastinya baru diketahui saat peluncuran. Belum diketahui juga apakah harga Wuling Air EV di Thailand itu sudah dipotong subsidi dari pemerintah setempat. Sekadar informasi, melansir Bangkok Post, Thailand memberikan subsidi mulai 18.000-150.000 baht per unit kendaraan listrik. Kalau dirupiahkan subsidi di Thailand mulai dari Rp 8 juta sampai Rp 66 jutaan (1 baht=Rp 444,56).

Dalam skema tersebut, subsidi 70.000 baht (setara Rp 31 jutaan) akan diberikan pada mobil listrik penumpang dengan harga di bawah 2 juta baht (Rp 889 juta) dengan kapasitas baterai 10-30 kWh.

Kemudian subsidi 150.000 baht (Rp 66 jutaan) akan diberikan untuk mobil listrik dengan kapasitas baterai lebih dari 30 kWh baik dirakit dalam negeri (CKD) maupun CBU. Produsen yang bakal mengikuti skema tersebut harus menandatangani surat perjanjian kerja sama dengan Departemen Cukai, untuk memenuhi peraturan dan ketentuan yang ditentukan.

Di lain sisi, CEO EV Primus, Pitaya Tanadamrongsak mengungkapkan, saat ini pihaknya yang menjadi distributor tunggal Wuling masih mendiskusikan harga jual dari Air EV di Negeri Gajah Putih tersebut. "Sesuai dengan rencana Wuling Air ev di Thailand, kami akan meluncurkannya awal bulan depan. Sekarang kami sedang mendiskusikan harga, paket promosi, dan pengiriman ke konsumen," jelas Pitaya. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com