Lucid Motor Bangun Mobil Di Arab Saudi?

Lucid Motor Bangun Mobil Di Arab Saudi?

Arab Saudi boleh dikenal sebagai salah satu penghasil minyak terbesar di dunia. Namun nampaknya mereka pun mulai sadar bahwa industri ini akan menjadi kenangan di masa yang akan datang.

Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia pun diketahui menggambil langkah untuk bermain di industri masa depan, yakni otomotif berbasis tenaga listrik. Salah satunya adalah menyuntikkan investasi dalam perusahaan startup  Lucid Motor.

Seperti dilansir carscoops.com, Arab Saudi menggelontorkan dana $USD 1 miliar yang diambil dari dana kekayaan kedaulatan (sovereign wealth fund) Arab Saudi.

Kota Neom, sebuah kota yang baru dikembangkan di barat laut disebut-sebut sebagai pusat pembiakan mobil-mobil listrik Lucid.

Pabrik Lucid di Arab Saudi ini merupakan bagian dari ambisi besar Lucid untuk mendominasi pasar EV papan atas dunia.

Pada November silam Lucid menyelesaikan tahap pertama konstruksi di pabriknya di Casa Grande, Arizona yang dibangun di atas tanah seluas 590 hektar sejak 2 Desember 2019. Bagian pertama ini memiliki kapasitas untuk membangun hingga 30.000 kendaraan setiap tahun.

Selanjutnya akan dilanjut hingga 2028 di mana luas pabriknya akan melonjak menjadi 47, 4 hektar dari 9,2 hektar yang ada saat ini. Di harapkan bahwa fasilitas di Amerika Utara ini akan mampu menghasilkan mobil 400.000 unit/tahun.

Hingga berita ini diturunkan, pabrik Lucid di Arab Saudi, belum diketahui secara rinci berapa luas dan kapasitas produksinya.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com