Perbedaan Toyota Prius PHEV dan HEV Generasi Kelima

Penulis: Ahmad Biondi
Kamis, 17 November 2022 15:00 WIB
Komparasi - Perbedaan Toyota Prius PHEV dan HEV Generasi Kelima
Bagikan ke:
Toyota Prius telah diluncurkan secara global pada 16 November 2022. Ada dua model yang diperkenalkan ke publik, antara lain versi PHEV dan HEV. Apa saja perbedaan keduanya?

Toyota Prius merupakan mobil ramah lingkungan yang sudah diproduksi Toyota sejak 1997. Untuk itu, kini sudah masuk generasi kelima, dan secara resmi diluncurkan di Eropa pada 16 November 2022.

Pada model terbaru ini, Toyota sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform TNGA GA-C yang juga digunakan oleh mobil-mobil listrik Toyota saat ini, diklaim memiliki center gravity yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

Foto - Perbedaan Toyota Prius PHEV dan HEV Generasi Kelima

Lantas ada dua model yang langsung dijual, antara lain versi PHEV 2.0 liter dan HEV 2.0/1.8 liter. Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, berikut kami rangkum.

PHEV 2.0 liter (Plug-in Hybrid)

Sistem Plug-in Hybrid 2.0 liter, menjanjikan akselerasi dan ketenangan berkendara yang lebih baik dari model sebelumnya.

Mesin PHEV itu mengombinasikan Dynamic Force Engine yang terkenal punya efisiensi tinggi dengan baterai lithium-ion untuk menghasilkan 164 kW (223 HP) dengan tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar. Prius tipe ini bisa melaju 0-100 km/jam dalam waktu 6,7 detik.

HEV 2.0 liter/1.8 liter (Hybrid Electric Vehicle)

Prius tipe HEV 2.0 liter/1.8 liter menggunakan mesin Series Parallel Hybrid terbaru yang menawarkan akselerasi responsif sambil mempertahankan efisiensi bahan bakar.

Mesin itu memiliki output maksimum 144 kW (193 HP) untuk versi 2.0 liter, yang 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya. Prius versi HEV ini menyasar kalangan yang memerlukan mobil dengan stabilitas tinggi karena sudah dilengkapi sistem E-Four terbaru.

All New Prius memiliki panoramic view moonroof yang dapat dibuka penuh, sedangkan tipe PHEV dilengkapi sistem pengisian tenaga surya generasi kedua.

#toyota #prius

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.