Komparasi Spek Ayla X VS Ignis GX AGS

Komparasi Spek Ayla X VS Ignis GX AGS

Pada semester pertama 2020 ini, Daihatsu Ayla dan Suzuki Ignis sama-sama telah resmi meluncur versi faceliftnya di Indonesia. Keduanya pun diperkenalkan secara virtual oleh masing-masing produsen, hal ini karena Indonesia masih menerapkan social distancing dalam pandemi Corona.

Dari kedua mobil perkotaan yang dirilis ini, para konsumen dapat memilih mana yang terbaik untuk dijadikan pertimbangan membeli mobil harian. Apalagi desain yang modern, ditambah dimensi yang compact serta fitur berlimpah, menjadi keunggulan keduanya untuk semakin menarik dimiliki.

Nah, bagi yang penasaran dengan spesifikasi keduanya. Berikut perbandingan spesifikasi yang berhasil kami himpun.

Dimensi

Jika membandingkan kedua mobil dari varian tertingginya, maka Ayla tipe X hadir dengan panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm, kemudian memiliki jarak sumbu roda yang mencapai 2.455 mm. 

Sementara Suzuki Ignis memiliki panjang 3.700 mm, lebarnya 1.690 mm, tinggi 1.595 mm, dengan wheelbase 2.435 mm.

Melihat dimensi yang dimiliki keduanya, maka Ignis sedikit lebih unggul dengan panjang 60 mm, lebar 90 mm dan tinggi 75 mm lebih tinggi dari Ayla. Sedangkan Ayla mendapatkan wheelbase lebih panjang 20 mm ketimbang Ignis.

Keduanya juga hadir dengan ground clearance serupa, yaitu 180 mm.

 

Mesin

Ada dua tipe mesin yang dihadirkan Daihatsu untuk Ayla. Namun untuk tipe tertinggi, Daihatsu mengandalkan mesin 1.200 cc dengan tenaga mencapai 88 ps dan torsi puncak 108 Nm.

Di sisi lain, Ignis juga mengusung mesin 1.200 cc dengan tenaga terbesar 83 ps dan torsi mencapai 113 Nm.

Persaingan jantung pacu keduanya cukup berimbang, karena secara mesin keduanya hadir dengan kapasitas yang sama, kemudia hanya unggul Ayla 5 ps jika melihat tenaganya, sementara Ignis lebih baik dalam hal torsi, lebih besar 5 Nm.

Namun untuk transmisi, Ignis masih mengandalkan transmisi AGS (Automatic Gear Shift) untuk tipe tertinggi, sedangkan Ayla sudah mengusung otomatik 4 percepatan konvensional.

Adit

 

Fitur

Meskipun mobil perkotaan, keduanya juga sudah dipersenjatai Dual Airbags dan ABS sebagai standar keselamatan.

Sementara itu, untuk mencegah benturan pedal rem yang patah dan mengurangi resiko terjepitnya kaki, Ayla dilengkapi dengan Pedal Clutch Anti Back Up. Selain itu, Side Impact Beam pun juga menjadi pelindung bagi para penumpang Daihatsu Ayla ketika terjadi kecelakaan dari samping.

Sedangkan Ignis juga dihadirkan dengan struktur bodi Total Effective Control Technology yang dibangun dari platform generasi terbaru Heartect yang begitu kokoh dan kuat, untuk membuat mobil lebih aman ketika terjadi kecelakaan.

Meski demikian, keduanya terlihat berimbang pada fitur hiburan. Seperti penyematan head unit layer sentuh yang dimiliki keduanya, masing-masing juga bisa memutar audio lewat konektifitas Bluetooth, Aux dan USB.

Harga

Untuk masing-masing tipe tertinggi, Ayla dijual Rp 159,6 juta, sedangkan Ignis GX AGS dibanderol Rp 200 juta.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com