MG HS vs Wuling Almaz vs DFSK i-Auto, Siapa Unggul?

MG HS vs Wuling Almaz vs DFSK i-Auto, Siapa Unggul?

MG Motor Indonesia akhirnya meluncurkan sebuah SUV kelas menengah yang tampil dengan mesin turbo dan memiliki performa mengagumkan. Meskipun mengusung nama Morris Garages yang berasal dari Inggris, namun karena campur tangan SAIC Motor asal Cina sebagai pemegang saham, mobil ini memiliki cita rasa khas SUV Tiongkok.

Lantas bermain di medium SUV tanah air, MG HS yang merupakan produk baru bisa saja dibandingkan dengan Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto yang lebih dulu hadir di Indonesia. Seperti apa perbandingannya?

Dimensi

HG HS punya dimensi dengan ukuran panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm. Sedangkan Almaz memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm dan wheelbase 2.750 mm.

Sementara Glory i-Auto sendiri dianugerahi panjang 4.700 mm, lebar 1.845 mm, tinggi 1.715 mm dengan panjang wheelbase 2.780 mm.

Soal dimensi ketiganya berimbang, i-Auto tercatat yang paling panjang dengan 4.700 mm, kemudian HS unggul lebih lebar dengan catatan 1.876 mm, dan yang paling tinggi adalah Almaz 1.760 mm. Kemudian wheelbase i-Auto paling unggul dengan 2.780 mm.

Mesin

MG HS hadir dengan mesin turbo 1.500 cc 4 silinder, 16-valve DOHC Turbo. Mesin ini mampu menghasilkan output tenaga 162 PS dan torsi 250 Nm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 percepatan.

Sementara Wuling Almaz yang lebih dahulu hadir di Indonesia, menyodorkan DOHC DVVT with turbocharger berkapasitas 1.451 cc yang mampu memproduksi tenaga 140 PS dengan torsi puncak 250 Nm. Di atas kertas HS unggul 22 PS dan seri dalam hal torsi.

Sedangkan Glory i-Auto mempercayakan mesin SFG15T berkapasitas 1.498 cc yang punya tenaga sebesar 150 ps di putaran mesin 5.600 rpm serta memiliki torsi 220 Nm pada 1.800-4.000 rpm.

Soal jantung pacu, HS paling bertenaga dengan 162 ps dan memiliki torsi yang sama dengan Almaz yaitu 250 Nm. 

Fitur

Berbincang tentang fitur, keduanya dirancang sebagai kendaraan modern yang syarat fitur keamanan yang tergolong cukup lengkap. Sebuah MG HS dilengkapi dengan 6 airbag, Hill Start Assist (HSA), Electronic Differential System (EDS), Hill Dessent Control (HDC), Curve Brake Control, Forward Collision Warning, Anti Rolling Program, Lane Departure Warning, Lane Change Assist, Lane Keep Assist, Blind Spot Detection, hingga Rear Cross Traffic Alert. 

Sebagai bandingan Wuling Almaz menyodorkan 4 airbag, ABS, EBD, Stability Control hingga Hill Start Assist. Kemudian berbicara fitur hiburan, Almaz tetap percaya diri dengan konektivitas

Wuling Link yang mereka miliki. Satu ikon di Wuling Almaz adalah sebuah fitur perintah suara "Halo Wuling" yang bisa diperintah dengan berbagai frase bahasa Indonesia.

Namun DFSK Glory i-Auto juga tak kalah modern. Mereka mempersenjatai SUV nya dengan fitur perintah suara (voice command) juga yang diberi nama i-Talk. Namun i-Talk hanya bisa diperintah dengan perintah bahasa Inggris.

Harga

Wuling Almaz dijajakan mulai harga Rp 267,8  hingga Rp 342,8 juta (OTR Jakarta), sedangkan untuk MG HS adalah Rp 369,8 hingga Rp 429,8 juta, sementara DFSK Glory i-Auto dibanderol Rp 329 juta. Semua harga sudah (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com