Kia Rio VS Honda Jazz, Mana yang Lebih Irit?

Kia Rio VS Honda Jazz, Mana yang Lebih Irit?

Berbicara compact hatchback di tanah air, tentu Anda tak pernah lupa dengan adanya Honda Jazz. Meski demikian, saat ini PT Honda Prospect Motor belum juga memberikan tanda akan memasukan generasi terbarunya yang sudah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 lalu.

Dengan demikian, model Jazz kini semakin uzur dan digerogoti dengan banyaknya kompetitor di segmen ini yang langsung bersaing. Salah satunya Kia Rio yang tampil dengan pembaruan cukup signifikan sehingga membuatnya semakin menarik.

 

Dalam kesempatan kali ini, tim reviewer OtoDriver berhasil mendokumentasikan hasil konsumsi bahan bakar Kia Rio model baru, kemudian data pengetesan tersebut kami bandingkan dengan hasil dari milik Honda Jazz 2016 yang pernah kami coba dalam rubrik used car di YouTube OtoDriver.

Berbicara mesin, Honda Jazz dipersenjatai mesin berkapasitas 1.497 cc 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW dengan tenaga sebesar 120 ps dan torsi maksimal 145 Nm. Sedangkan Kia Rio ditawarkan dengan pilihan mesin Kappa berkapasitas 1.348 cc dengan tenaga 100 ps dan torsi puncak 133,3 Nm.

 

Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya, pada penggunaan rute dalam kota, Kia Rio berhasil mencatatkan 11,2 km/liter, sementara Honda Jazz lebih irit karena mampu bertengger di angka 12,5 km/liter.

Beralih ke konsumsi luar kota dengan rute tol dan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Kia Rio menembus angka 17,1 km/liter, sedangkan Jazz mencapai konsumsi mencapai 17,2 km/liter.

Data pengetesan konsumsi BBM:

Kia Rio 2019

Dalam kota: 11,2 km/liter

Rute tol: 17,1 km/liter

Honda Jazz 2016

Dalam kota: 12,5 km/liter

Rute tol: 17,2 km/liter

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com