Jazz VS Yaris VS Rio, Mana yang Akselerasinya Paling Cepat?

Jazz VS Yaris VS Rio, Mana yang Akselerasinya Paling Cepat?

Di penghujung tahun 2019 ini, OtoDriver berkesempatan menguji beberapa compact hatchback favorit yang masih dijual di tanah air. Ketiga kontestan yang kami coba adalah Honda Jazz RS, Toyota Yaris TRD Sportivo dan Kia Rio.

Dalam pembahasan kali ini, kami pun menguji akselerasi ketiganya dari 0 sampai 100 km/jam. Dengan perbedaan mesin dan transmisi yang dimiliki ketiganya, pantas saja ada perbedaan pencapaian waktu antar ketiganya.

 

 

Honda Jazz dipersenjatai mesin berkapasitas 1.497 cc 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW dengan tenaga sebesar 120 ps dan torsi maksimal 145 Nm, tenaga mesinnya disandingkan dengan transmisi CVT.

Sedangkan Kia Rio ditawarkan dengan pilihan mesin Kappa berkapasitas 1.348 cc dengan tenaga 100 ps dan torsi puncak 133,3 Nm, tenaga mesinnya dikawinkan dengan transmisi otomatik 6 percepatan.

Sementara Yaris masih mengusung mesin DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc dengan tenaga puncak 107 ps dan torsi 140 Nm yang juga disandingkan dengan transmisi CVT.

 

 

 

Dari pengujian akselerasi yang telah kami lakukan pada ketiga mobil ini, Honda Jazz mencatatkan waktu terbaik dengan 10,1 detik. Di peringkat kedua ternyata dihuni oleh Toyota Yaris yang berhasil meraih 11,2 detik, sedangkan Kia Rio yang tampil dengan pembaruan cukup signifikan berhasil meraih 11,8 detik.

Data akselerasi 0-100 Km/jam:

1. Honda Jazz: 10,1 detik

2. Toyota Yaris: 11,2 detik

3. Kia Rio: 11,8 detik

Foto: Adit

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com