Komparasi Spek Kia Rio VS Toyota Yaris

Komparasi Spek Kia Rio VS Toyota Yaris

Sejak penjualannya diambil alih PT Kreta Indo Artha, Kia kembali bersemangat bersaing di pasar otomotif tanah air.

Beberapa line up terbaru kembali diperhitungkan, seperti Kia Picanto dan Kia Rio yang kembali diandalkan penjualannya. Di kelas hatchback, Rio generasi keempat bersaing sengit dengan Toyota Yaris dengan dimensi dan performa mesin yang nyaris serupa. Seperti ini perbandingannya.

 

Mesin

Toyota Yaris mengusung mesin DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc dengan tenaga puncak 107 ps dan torsi 140 Nm. Sedangkan Kia Rio dipersenjatai mesin Kappa 1.348 cc yang punya tenaga 100 ps dengan torsi puncak di angka 133,3 Nm.

Untuk transmisinya, jika Yaris dipersenjatai CVT, maka Kia mempercayakan pilihan transmisi manual dan otomatik 6 percepatan konvensional.

Berkat kapasitas mesin yang lebih besar, Yaris unggul untuk urusan performa dibandingkan Kia Rio.

Dimensi

Bersain di kelas hatchback, Yaris lahir dengan dimensi panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm dan wheelbase 2.550 mm. Sementara, Kia Rio tampil dengan panjang 4.065 mm, lebar 1.725 mm, tinggi 1.460 mm dengan wheelbase 2.580 mm.

Jika melihat dari spesifikasi dimensinya, maka Yaris sedikit lebih panjang, lebar dan tinggi ketimbang Kia Rio, namun justru Yaris memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek 30 mm.

Fitur

Keduanya sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti Dual airbags, EBD dan ABS. Namun untuk urusan konektivitas, Kia Rio sedikit lebih unggul karena sudah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Kemudian Kia Rio juga memiliki sun roof yang membuatnya terkesan lebih mewah ketimbang Toyota Yaris.

 

Harga

Yaris tipe terendah E M/T dijual Rp 238,35 juta dan tipe tertinggi TRD Sportivo dipasarkan Rp 278,85 juta. Sedangkan Kia Rio tipe manual dijual Rp 271,5 juta dan Kia Rio A/T dibanderol Rp 286,5 juta.

Harga Kia Rio tipe tertinggi sedikit lebih mahal dibandingkan Yaris varian tertinggi. Meski demikian, Kia Rio generasi keempat memang beda dan lebih berkelas. Apalagi banyaknya fitur baru membuatnya lebih menarik untuk dimiliki.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com