Komparasi Spek Kia Rio VS Honda Jazz

Komparasi Spek Kia Rio VS Honda Jazz

Nasib Honda Jazz di tanah air masih menjadi tanda tanya hingga saat ini. Setelah peluncuran Honda Fit generasi terbaru di Jepang beberapa waktu lalu, lantas tidak ada tanda-tanda kelahiran Jazz terbaru di tanah air.

Apalagi Yusak Billy selaku Direktur Inovasi Bisnis dan Penjualan Pemasaran PT Honda Prospect Motor pernah mengatakan ke OtoDriver, "Itu Fit untuk pasar Jepang, bukan buat pasar Indonesia."

Hal berbeda justru dialami dengan kompetitornya yang kembali menyeruak ke permukaan. Yup, Kia lewat Agen Pemegang Merek yang baru kini giat menjual Rio yang bersaing di kelas  Honda Jazz sejak lama.

Dengan model Jazz yang tak berganti, maka kesempatan besar untuk Rio bisa mengambil sebagian kue konsumen yang bosen dengan rupa Jazz. Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan keduanya, berikut perbandingannya.

 

Mesin

Honda Jazz dipersenjatai mesin berkapasitas 1.497 cc 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW dengan tenaga sebesar 120 ps dan torsi maksimal 145 Nm. Sedangkan Kia Rio ditawarkan dengan pilihan mesin Kappa berkapasitas 1.348 cc dengan tenaga 100 ps dan torsi puncak 133,3 Nm.

Honda memang terkenal memiliki mesin bertenaga dan juga hemat. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, jelas saja persaingan saat membicarakan mesin dimenangkan Honda ketimbang Kia Rio.

Dimensi

Soal dimensi, Honda Jazz memiliki panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm dengan jarak sumbu roda 2.530 mm. Sementara itu Kia menjual Rio dengan panjang 4.065 mm, lebar 1.725 mm, tinggi 1.460 mm dengan wheelbase 2.580 mm.

Secara dimensi, Kia Rio ternyata lebih panjang, lebih lebar dan lebih pendek ketimbang Honda Jazz. Kemudian juga unggul 50 mm untuk urusan jarak sumbu roda, yang akan berpengaruh ke ruang kabin yang lebih lapang.

 

Harga

Jazz manual dibanderol Rp 239 juta, sementara Jazz RS CVT yang merupakan tipe tertinggi dijual Rp 279,5 juta. Sedangkan Kia Rio tipe manual dijual Rp 271,5 juta dan Kia Rio A/T dibanderol Rp 286,5 juta.

Untuk harga terendah, tentu Anda bisa mendapatkan Jazz tipe E manual dengan harga Rp 239 juta, sedangkan termahal justru Kia Rio tipe otomatik yang dijual Rp 286,5 juta.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com