FIRST DRIVE: MG ZS Ignite 2020

FIRST DRIVE: MG ZS Ignite 2020

MG ZS resmi melenggang di tanah air. Model ini menjadi produk perdana dari pabrikan blasteran Inggris dan Tiongkok. Kami pun berkesempatan untuk menjajal ZS dalam waktu singkat. Lantas bagaimana impresinya?

 

Pertama-tama, kami pun memperhatikan eksteriornya. Kami menilai mobil ini desainnya kurang berkarakter, terlebih di bagian fascianya. Tampak ZS ini sangat mirip dengan desain Mazda di bagian mukanya. Seperti desain grill dan juga lampu utamanya. Tetapi, di sisi lain mobil ini seakan tampil dengan perpaduan bahasa desain elegan dan sporty dibuat menyatu.

Kami pun langsung bergegas ke bagian kabinnya. Bagian interiornya terkesan mewah serta sporty berkat desain dasbor serta perpaduan oranye serta coklat. Kesan mewah terasa berkat penggunaan jok kulit, meski hanya sekedar kulit sintetis.

 

Tidak sampai di situ, ZS Ignite ini juga dianugerahi oleh panoramic roof yang membuat kesan mewah serta lapang ketika berada di ruang interiornya. Untuk fiturnya, Infotainment display berukuran 8 inci, cruise control, tire pressure monitoring pada MID-nya, navigasi,  serta fitur konektivitas Apple Carplay.

Kami pun langsung menjalankan mobil ini. Kesan pertama yang dirasakan adalah bantingan suspensi yang cukup kaku. Kendati demikian karakter bantingan suspensi ini menghasilkan daya pengendalian yang cukup baik.

Soal peredaman suaranya di dalam kabinnya cukup baik. Akan tetapi ketika menginjak pedal gas, raungan mesinnya sedikit terdengar ke bagian kabin.

 

Bagaimana soal performanya? MG ZS ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga 114 ps serta torsi 150 Nm. Namun kami merasa tenaga mesinnya tidak begitu impresif. Bahkan ketika menginjak penuh pedal gas rasanya tenaganya kurang instan dan terdapat sedikit delay.

Namun, kelemahan-kelemahan tersebut dapat ditutupi oleh fitur keselamatan yang cukup lengkap. Seperti 6 buah airbags, kamera mundur, ABS, EBD, TCS dan stability control.

 

Kesimpulan

MG ZS mencoba peruntungannya di segmen Compact SUV untuk menantang Honda HR-V cs. Dengan banderol harga tak sampai Rp 298 juta, ZS mampu menawarkan value yang lebih dari itu. Fiturnya lengkap, ruang interiornya terkesan mewah, serta fitur keamanan terlengkap di kelasnya. Meski demikian, kami menemukan beberapa kelemahan pada mobil ini yang cukup terasa ketika mobil dijalankan.

Kelebihan

  1. Fitur berlimpah dalam harga yang sangat kompetitif
  2. Bantingan suspensi empuk
  3. Fitur keselamatan terlengkap di kelasnya

 

Kekurangan

  1. Tenaga mesin terasa kurang
  2. Desain eksterior kurang berkarakter
  3. Jaringan aftersales terbatas

 

Spesifikasi

MG ZS Ignite

Harga: Rp 289,8 juta

Mesin: 1.500 cc 4 silinder

Transmisi: 5 percepatan Triptonic

Tenaga: 114 ps

Torsi: 150 Nm

Penggerak: roda depan

Foto tambahan

Adit

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com