FIRST DRIVE: Nissan Magnite

FIRST DRIVE: Nissan Magnite

Nissan Magnite menjadi SUV mini terbaru yang ada di tanah air saat ini. Model ini mengikuti jejak langkah para pesaingnya seperti KIA Sonet dan MG ZS.

Kami pun berkesempatan untuk mengendarai mobil ini. Walau dengan jarak dan durasi yang terbatas, tetapi kami sudah bisa merasakan impresi rasa berkendara Nissan Magnite.

Secara desain, kami sudah menjelaskan kepada Anda semua pada artikel sebelumnya. Kami pun langsung menyandarkan badan di Nissan Magnite. Hal yang pertama ;angsung terasa adalah nuansa kabin yang cukup futuristic berkat penggunaan instrument cluster digital, headunit dengan desain floating, serta fitur-fitur yang cukup lengkap seperti Engine Start Stop Button dan pengaturan AC yang dilengkapi dengan info.

Tetapi hal yang sedikit mengganggu di mobil ini adalah posisi duduk. Untuk postur tubuh tester yang tingginya 177 cm, posisi kaki agak menekuk. Mobil ini dilengkapi dengan pengaturan setir secara tilt. Andai saja mobil ini dilengkapi dengan pengaturan setir teleskopik, pastinya posisi duduk akan lebih baik. Tidak hanya itu, material plastik yang ada di kabin mobil ini terkesan cukup tipis.

Langsung saja kita jalankan mobil ini. Hal yang langsung terasa adalah peredaman suspensinya yang cukup baik. Tidak limbung, tetapi ketika melahap jalan dengan kontur yang tidak baik terasa bantingannya cukup empuk.

Peredaman kabinnya pun terasa cukup baik. Lantas, bagaimana dengan mesin 1.000 cc turbo 3 silindernya?

Kami rasa, mesin ini terkesan baik. Untuk sebuah mesin 3 silinder, getaran mesinnya cukup minim dan deruan mesin tergolong halus. Untuk tenaganya sendiri dirasa masih cukup mumpuni berkat penggunaan turbo pada mesin mungil tersebut. Terlebih saat mobil ini stop and go, terasa turbonya mampu menningkatkan tenaganya dengan cukup baik.

Sayangnya, ketika menekan pedal gas penuh dan memasukkannya ke mode Sport, terasa figur tenaganya cenderung flat di RPM atas. Mungkin hal ini juga dipengaruhi dari transmisi CVT-nya.

Berbicara transmisi CVT, kami rasa Nissan cukup piawai dalam mendesain transmisi ini. Terbukti transmisi CVT X-Tronic milik Magnite ini terasa halus ketika dibawa berkendara secara moderat dan cukup responsif ketika mobil ini diajak ‘berlari’.

Kesimpulan

Nissan Magnite menjadi penantang baru di kelas mini SUV. Dengan harganya yang cukup terjangkau, fitur pada mobil ini kami nilai sangat melimpah. Mesin 1.000 cc 3 silinder turbonya juga terasa menyenangkan, bantingan suspensinya baik, serta transmisi CVT-nya terasa kooperatif sesuai dengan kaki pengemudi.

Kendati demikian, ada beberapa kelemahan pada mobil ini, seperti material dasbor dan door trim yang terkesan tipis, dan posisi duduk yang terasa kurang ergonomis.

Kelebihan

1. Fitur melimpah

2. Tenaga mesin mumpuni

3. Bantingan suspensi baik

Kekurangan

1. Posisi duduk kurang ergonomis

2. Material kabin kurang baik

Spesifikasi

Nissan Magnite Premium CVT

Harga: Rp 238,8 juta

Kapasitas mesin: 1.000 cc 3 silinder turbo

Tenaga maksimum: 100 PS

Torsi maksimum: 160 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto tambahan

Adit

Adit

Adit

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com