Mengintip Mobil Paus Untuk Kunjungan Ke Indonesia, Buatan Tanah Air

Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024 mendatang.
Penulis: Aditya Widiutomo
Selasa, 3 September 2024 06:00 WIB
Berita - Mengintip Mobil Paus Untuk Kunjungan Ke Indonesia, Buatan Tanah Air
Bagikan ke:

OTODRIVER – Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024 mendatang. Dan dikutip dari akun Instagram @teraskatolik.official, tampak sebuah mobil putih yang tampak sudah siap untuk digunakan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik selama kunjungan Apostoliknya tersebut.

“Persiapan akhir mobil Paus Fransiskus oleh Panitia dan Paspampres di Jakarta,” tulis laman akun Instagram tersebut.

Foto - Mengintip Mobil Paus Untuk Kunjungan Ke Indonesia, Buatan Tanah Air
Informasi Popemobile 

Dikutip dari laman Portal Informasi Indonesia Indonesia.go.id (2/9), mobil yang digunakan oleh sang Paus atau yang biasa dikenal dengan nama Popemobile merupakan mobil buatan lokal PT Pindad dengan model bernama Maung. Dan menariknya, tertuliskan SCV I di bagian plat nomornya.

SCV sendiri seperti ditulis dalam penjelasan di akun medsos tersebut adalah singkatan dari bahasa Latin Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan. Dan Popemobile ini juga telah dimodifikasi.

Pada bagian belakang terdapat kanopi besar yang cukup Paus Fransiskus berdiri ketika menyapa umat di Indonesia. Namun, belum ada konfirmasi apakah atap tersebut anti peluru atau tidak. Sementara di kabin belakang terdapat sofa tunggal yang berada di tengah dan bisa diputar. Selain itu, ada juga kursi lipat pada sisi kiri dan kanan bagian belakang. Mobil ini juga sudah dibekali tangga untuk memudahkan akses naik-turun Paus Fransiskus dari kendaraan.

Pindad Maung sendiri merupakan kendaraan taktis (rantis) yang telah dirancang guna mendukung operasi jelajah beragam medan bahkan medan sulit sekalipun dan dapan mengangkut personel hingga 4 orang penumpang. Mobil ini didukung oleh mesin diesel 1.900 cc dengan tenaga sebesar 136 hp. (AW).

#mobil #paus-fransiskus

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.