Paus Fransiskus Gunakan Lagi Mobil Rakitan Indonesia Di Papua Nugini

Setelah kunjungan Apostoliknya ke Indonesia, Paus Fransiskus bertolak ke negara selanjutnya, yakni Papua Nugini.
Penulis: Aditya Widiutomo
Minggu, 8 September 2024 06:00 WIB
Berita - Paus Fransiskus Gunakan Lagi Mobil Rakitan Indonesia Di Papua Nugini
Bagikan ke:

OTODRIVER – Setelah kunjungan Apostoliknya ke Indonesia, Paus Fransiskus bertolak ke negara selanjutnya, yakni Papua Nugini. Seperti diketahui sebelumnya, kunjungan pemimpin dunia Umat Katolik ini cukup menghebohkan dari sisi kendaraan yang digunakan lantaran Paus Fransiskus memilih Toyota Kijang Innova Zenix sebagai transportasi andalannya selama di Tanah Air.

Rupanya tidak hanya di Indonesia, saat tiba di Port Moresby yang merupakan Ibukota Papua Nugini, Paus Fransiskus pun langsung menaiki sebuah mobil yang terbilang entry level, yakni Toyota Raize. Terlihat Sri Paus menggunakan Toyota Raize berwarna Putih dengan pengawalan yang cukup ketat.

Foto - Paus Fransiskus Gunakan Lagi Mobil Rakitan Indonesia Di Papua Nugini
Toyota Raize Yang Digunakan Oleh Paus Fransiskus

Di Papua Nugini, Raize hanya hadir dalam satu varian, yakni tipe 1.2 Petrol CVT 2WD. Di Negara tersebut, tidak ada opsi mesin 1.000 cc turbo ataupun varian GR Sport.

Sebagai kelengkapannya, Raize versi Papua Nugini ini hadir dengan beberapa fitur, seperti  Keyless Entry, lampu utama LED, Headunit berukuran 8 inci, dan hadirnya layar untuk baris kedua.

Jika dibandingkan dengan versi Indonesia, Raize ini setara dengan varian 1.2 G yang merupakan varian terbawah dari Toyota Raize versi Tanah Air. Namun sayangnya, tidak ada informasi mengenai harga jual Toyota Raize di negara tersebut. Sedangkan di Indonesia, Raize tipe yang setara dengan yang digunakan oleh Paus Fransiskus dipasarkan dengan harga Rp 253,7 juta.

Untuk mesinnya sendiri, Raize 1.2 ini dibekali oleh jantung pacu berkubikasi 1.200 cc 3 silinder dengan tenaga mencapai 87 hp dan torsi 113 Nm dengan transmisi otomatik CVT serta berpenggerak roda depan.

Berdasarkan informasi dari narasumber OtoDriver, Toyota Raize yang digunakan Paus itu merupakan mobil yang diimpor dari Indonesia. Crossover itu dirakit oleh Astra Daihatsu Motor di Karawang Assembly Plant 1(AW). 

#toyota #raize

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.