Sudah Tak Lagi Diproduksi, Paus Fransiskus Gunakan Toyota Sienta Dalam Kunjungan Di Timor Leste

Sienta sudah tidak diproduksi lagi sejak Februari 2023
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Selasa, 10 September 2024 12:23 WIB
Berita - Sudah Tak Lagi Diproduksi, Paus Fransiskus Gunakan Toyota Sienta Dalam Kunjungan Di Timor Leste
Bagikan ke:

Seperti halnya kunjungan di Indonesia dan Papua Nugini, Paus Fransiskus kembali menggunakan Toyota dalam lawatan apostoliknya ke Dili, Timor Leste.

Kali ini ia menggunakan Toyota Sienta berkelir silver, yang digunakannya saat berangkat dari Asrama Nunsiatura Apostolik Vatikan menuju ke Istana Negara Timor Leste.

Orang nomor satu di Vatikan itu pun memilih untuk duduk di bangku penumpang depan yang memberikan keleluasaan supaya mudah dilihat dan dekat dengan umat yang dikunjunginnya.

Foto - Sudah Tak Lagi Diproduksi, Paus Fransiskus Gunakan Toyota Sienta Dalam Kunjungan Di Timor Leste
Toyota sienta - Paus Fransiskus

Sienta merupakan mobil yang punya ruang yang cukup lega di kelasnya dan memiliki ciri khas pintu geser. 

Berdasarkan informasi dari salah satu narasumber OtoDriver, Sienta yang digunakan Pope ini merupakan rakitan Indonesia tepatnya dirakit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

“Mobil ini dipastikan merupakan unit yang dikirim dari Indonesia untuk pasar Timor Leste,” jelasnya.

Hanya saja Sienta saat ini telah dihentikan produksinya sejak awal tahun 2023 silam. Berdasarkan data Gaikindo, TMMIN telah menghentikan produksinya pada Februari 2023 dan sepanjang tahun 2023 hanya diproduksi sebanyak 99 unit saja dengan rincian 28 unit di bulan Januari dan 71 unit di Februari.

Pada awalnya Sienta merupakan mobil yang diproduksi untuk pasar Jepang yang generasi pertamanya mulai dikenalkan pada 2003.

Masuk generasi kedua, mobil ini juga diproduksi di Indonesia dan mulai dijajakan pada Juli 2016. Mesin yang digunakan untuk pasar dalam negeri adalah 2NR-FE Dual-VVTi, berkapasitas 1.5 liter dengan letupan daya 106 hp/6000 rpm dan torsi 144Nm/4.200 rpm.

Kinerja mesin ini dicomblangkan ke roda depan oleh girboks manual 5 speed atau CVT. (SS) 

#toyota-sienta #paus-fransiskus

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.