KIA Recall Telluride Karena Gampang Terbalik Saat Diparkir, Kok Bisa?

KIA Recall Telluride Karena Gampang Terbalik Saat Diparkir, Kok Bisa?

OTODRIVER - Kasus unik terjadi di Amerika Serikat dan memaksa KIA harus melakukan penarikan kembali terhadap 427.000 Telluride yang sudah dijual. Recall tersebut dilakukan karena potensi cacat produksi yang dapat menyebabkan kendaraan terguling saat diparkir.

Dilansir Automotive News, penarikan tersebut mencakup crossover besar Telluride tahun keluaran 2020 hingga 2024.

Penyebabnya ialah poros tengah dan poros penggerak depan kanan pada kendaraan-kendaraan tersebut mungkin tidak sepenuhnya bergerak karena dugaan perakitan yang tidak tepat oleh pemasok, menurut laporan penarikan yang diserahkan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA).

"Seiring waktu, keterlibatan parsial dapat menyebabkan kerusakan pada poros tengah, di mana poros yang rusak dapat mengakibatkan gerakan kendaraan yang tidak diinginkan saat parkir, jika rem parkir tidak diaktifkan,” Kia menjelaskan.

SUV mewah Telluride di pasar Amerika Serikat

Untuk mencegah kendaraan terguling, produsen otomotif asal Korea Selatan itu menyarankan pemilik untuk memindahkan transmisi ke posisi "parkir" dan mengaktifkan rem parkir elektronik secara manual sebelum keluar dari kendaraan.

Kia mengatakan kepada NHTSA bahwa tidak ada cedera, kecelakaan, atau kematian terkait braket bantalan dan rakitan poros, yang dipasok oleh Mobis Alabama, menurut laporan tersebut.

Untuk memperbaiki masalah ini, diler akan memasang perangkat lunak rem parkir elektronik yang diperbarui. Jika ditemukan kerusakan pada poros tengah mobil setelah pembaruan, diler akan mengganti bagian tersebut. Pemilik akan diberitahu mulai tanggal 15 Mei.

Namun demikian, kasus ini akan terjadi di Amerika Serikat saja. Karena hingga saat ini Telluride belum dijual di tanah air. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com