IKN Siap Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak

IKN Siap Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak

OTODRIVER - Dalam pembangunanya Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara akan menerapkan teknologi terbaru terutama dalam kendaraan. Mobil otonom atau tanpa awak siap dihadirkan sebagai dari bagian kota pintar atau smart city.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Mohammed Ali Berawi mengatakan bahwa ada dua perusahaan lokal yang akan dilibatkan yaitu Bluebird dan Perum Damri yang terlibat dalam pengembangan transportasi itu.

"Kita sudah berbicara bagaimana tahun depan sudah ada showcase atau proof of concept bagaimana mobil otonom (autonomous vehicle) siap diujicobakan di sumbu kebangsaan," kata Berawi beberapa waktu lalu.

Pihak Bluebird sendiri  tidak tertutup untuk menghadirkan berbagai moda transportasi publik ramah lingkungan di IKN. "Kami tidak tertutup dengan berbagai macam moda, yang ke depannya akan di-showcase-kan, akan dilakukan di IKN, karena relevan sifatnya di sana," kata Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono saat jumpa dengan media di Jakarta, Kamis (25/1).

BBluebird juga menggelontorkan investasi Rp 250 miliar untuk menghadirkan transportasi publik ramah lingkungan di IKN. Demi mendukung mobilitas penduduk IKN, rencananya akan menyediakan taksi listrik hingga 100 unit, armada mobil rental listrik hingga 50 unit, armada bus jurusan IKN-Balikpapan hingga 10 unit. 

"Jadi nanti kalau fokusnya berapa kendaraan listrik yang akan mulai diluncurkan, tentu kami akan mulai bertahap. Kapan akan selesai? yang pasti sebelum IKN diresmikan," ujar Andre.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia juga sempat mengungkapkan bahwa Bluebird akan menghadirkan transportasi publik ramah lingkungan dan IKN nantinya akan berkonsep serba hijau, dimana 100 persen kendaraanya wajib menggunakan kendaraan listrik.

"Peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara," ujar Presiden Joko Widodo. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com