Bluebird Akan Bikin Transportasi Serba Listrik di Ibu Kota Baru Indonesia

Bluebird Akan Bikin Transportasi Serba Listrik di Ibu Kota Baru Indonesia

OTODRIVER - Bluebird memiliki visi yang bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan Ibu Kota Nusanbtara (IKN) sebagai smart forest city.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menegaskan, bahwa IKN nantinya akan berkonsep serba hijau, dimana 100 persen kendaraanya wajib menggunakan kendaraan listrik.

"Sekitar 80 persen akan menggunakan transportasi publik kendaraan listrik dan penghuninya 100 persen harus menggunakan kendaraan listrik. Sehingga nanti akan menjadi kota yang betul-betul hijau yang layak untuk dihuni bersama-sama," ujar Jokowi.

Dengan total investasi sebesar Rp 250 miliar untuk infrastuktur, sarana dan prasarana kendaraan listrik, Bluebird ikut membantu visi pemerintah RI membangun IKN yang ramah lingkungan.

"Jadi nanti kalau fokusnya berapa kendaraan listrik yang akan mulai diluncurkan, tentu kami akan mulai bertahap. Kapan akan selesai? yang pasti sebelum IKN diresmikan," ujar Direktur Utama PT Bluebird, Adrianto Djokosoetono di Jakarta, Kamis (25/1).

Direktur Utama PT Bluebird, Adrianto Djokosoetono (tengah) saat Media Gathering Blue Bird 2024

Demi mendukung mobilitas penduduk IKN, Bluebird rencananya akan menyediakan taksi listrik hingga 100 unit, armada mobil rental listrik hingga 50 unit, armada bus jurusan IKN-Balikpapan hingga 10 unit. Ekosistem sarana pendukung kendaraan lisrtik lainnya, seperti halte, park and ride, transfer point, depo, dan charging point juga akan dibangun.

"Ibu Kota Nusantara dengan konsep serba hijau itu juga perlu kami dukung karena memang sejalan dengan kami. Termasuk dan tidak tertutup dengan berbagai macam moda, yang ke depannya akan diujicobakan untuk dilakukan di IKN," papar Andre. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com