Toyota Alphard HEV Bakal Meraja, Hanya Selisih Rp 79 Juta Dengan Versi Bensin Murni

Toyota Alphard HEV Bakal Meraja, Hanya Selisih Rp 79 Juta Dengan Versi Bensin Murni

OTODRIVER - Toyota Alphard Generasi IV sudah hadir di Indonesia, tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM Toyota di Indonesia menawarkan tiga varian MPV ningrat ini.

Varian paling rendah diduduki oleh Alphard 2.5 X dengan harga Rp 1.356,1 juta. Khusus varian ini sifatnya spot order dengan waktu inden minimal tiga bulan.

Sedangkan varian tengah yakni Alphard 2.5 G diharga Rp 1.578 juta. Uniknya varian paling mewah yakni Alphard 2.5 HEV justru hanya dibanderol Rp 1.657 juta , alias hanya beda Rp 79 juta. Semua harga itu dalam kondisi On The Road (OTR DKI).

Dengan selisih kurang dari Rp 80 juta dan kelebihan lainnya sepertinya Toyota mendorong mobil MPV mewah dengan tipe hybrid ini untuk muncul mendominasi pasar dibandingkan dengan tipe Alphard lainnya.

Tampilan belakang Alphard 2.5 HEV 

Dalam sejarah keluarga Alphard, pada generasi IV inilah yang dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA), tepatnya TNGA-K atau juga dikenal sebagai TNGA GA-K.

Penggunaan platform global yang juga digunakan oleh Toyota Harrier ini menyuguhkan bodi yang lebih rigid hingga 50 % dari generasi sebelumnya yang masih menggunakan Toyota New MC platform.

Walaupun punya wheelbase sama yakni 3.000 mm, namun versi terbaru ini punya dimensi P x L x T (5.010 mm x 1,850 mm x 1,945 mm). Sedikit lebih besar dari tipe lama yang punya dimensi (P x L x T) 4.945mm x 1.850mm x 1.950mm.

Dari sisi mesin, varian X ataupun G bensin mengandalkan mesin 2.5 liter berkode 2AR-FE bertenaga 181 hp dan torsi 235 Nm yang diakurkan dengan transmisi CVT.

Pada generasi sebelumnya mesin sudah hadir dengan spesifikasi dan kinerja yang kurang lebih sama.

Mesin A25A-FXS di

Namun berbeda dengan tipe hybrid yang mengandalkan mesin baru A25A-FXS.  Dapur pacu 4 silinder bervolume 2.5 liter ini 188 hp dan torsi 236 Nm yang diakurkan dengan transmisi e-CVT.

Sebagai informasi, Lexus LM sebagai kembaran yang lebih mewah juga menggunakan mesin dan spesifikasi yang sama dengan Alphard HEV.

Sebenarnya masih ada lagi mesin yang dijadikan opsi yakni mesin 2.4 liter turbo berkode T24A-TFS, hanya saja tidak dihadirkan di Indonesia. (SS)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com