Toyota Alphard-Vellfire: MPV Paling Aman?

Toyota Alphard-Vellfire: MPV Paling Aman?

OTODRIVER - Meski masih digelayuti dampak dari skandal soal uji keselamatan yang bertubi-tubi di akhir tahun 2023 hingga kuartal kedua 2024. Namun pihak Toyota boleh sedikit lega karena ‘Big MPV’ mereka yaitu Alphard dan Vellfire diberi predikat terbaik oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Tursime Jepang bersama pihak NASVA (Nautomobile Accident Countermeasures Agency)  awal Maret ini (13/3).

Kedua mobil itu masuk dalam pengujian “Automobile Safety Performance 2023”, di mana Alpharda Vellfire mendapatkan penilaian total 181.78 (dari skala 197). Secara langsung menempatkan predikat “Empat Bintang” atas keduanya. Sebagaimana dikutip dari situs Car Watch.

Angka 88,84 (dari skala 89) diberikan ke duet Toyota ini dalam hal perlindungan preventif. Kemudian nilai 84,93 (skala 100) diberikan dalam hal perlindungan dari tabrak samping. Nilai 8 (skala 8) diberikan juga untuk sistem peringatan emergency.

Khusus untuk tabrakan langsung di sekujur bodi, dua MPV ini juga meraih tingkatan penilaian “B”. Secara terperinci; struktur rangka dan bodi bisa mereduksi sampai 95 persen dampak berlebih.

Angka 100 persen dibesut untuk penilaian kemapuan reduksi benturan di sisi samping mobil. Untuk penumpang mendpatkan penilaian performa perlindungan smpai 93 persen atas potensi cidera leher jika ada tabrakan dari arah belakang.

Nilai sempurna, 100 persen, juga diperoleh atas perlindungan pada kaki terhadap pemakai jalan lain, dalam hal ini jika mobil menabrak pejalan kaki. Untuk potensi cidera pada kepala pejalan kaki didapat tingkatan perlindungan 61 persen.

Sementara itu peranti sabuk pengaman mampu menghasilkan penilaian perlindungan sampai 77 persen.

Penyematan penghargaan ini dilakukan tiap tahun untuk mendorong industri otomotif Jepang terus bergerak dalam meningkatkan unsur keamanan dari sebuah mobil. Khususnya pada mobil-mobil yang jumlah penjualannya terbesar. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com