Produk Lampu Mobil Aftrmarket Asal Indonesia Sasar di Pasar Jepang

Produk Lampu Mobil Aftrmarket Asal Indonesia Sasar di Pasar Jepang

Dunia modifikasi dan aftermarket merupakan ceruk yang masih cukup luas untuk digarap. Yoong Motor Group Indonesia (YMGI) jadi salah satu yang mencoba untuk berkiprah di pasar luar negeri. Ajang Osaka Automesse (OAM) 2023 yang digelar 10-12 Februari 2023 dijadikan pintu masuk  YMGI untuk mengenalkan kreasinya. Bahkan ini merupakan keikutsertaannya untuk keempat kalinya.

“Kami membawa lima produk sekaligus yang dikembangkan langsung oleh tim Yoong Motor Group dan produk lampu aftermarket,” ungkap Yomin Sugianto Founder Yoong Motor Group Indonesia.  Lebih unik lagi, YMGI membawa produk custom yang menyasar pada segmen modifikasi baik itu lampu headlamp ataupun taillight.

Pria yang akrab disapa Koh Yoong ini mengatakan bahwa keikutsertaannya ini untuk menunjukkan kualitas dan daya saing produk Indonesia terlebih untuk pasar Jepang yang jadi acuan di seluruh dunia.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi tes pasar sebagai acuan yang dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produk,” cerocosnya.

Dari pengamatan Yoong Motor Group Indonesia, peluang impor di Jepang sangat terbuka lebar. Koh Yoong mengatakan bahwa Kehadirannya di Jepang sekaligus ingin menonjolkan sisi fungsional dari pada estetika. Ini merupakan celah kecil untuk masuk ke modifikasi lampu lokal Jepang yang lebih fokus pada estetika dibanding fungsional. Selain itu, daya tahan produk didukung garansi pemakaian lebih lama menjadi kelebihan dari produk anak bangsa ini.

“Kondisi ini jadi peluang bagi kami mengisi aspek tersebut. Metode ini berbeda seperti yang sudah dilakukan di Indonesia. Biasanya kita di Indonesia beli barang mentah, mengubah rumah lampu orisinil, dan tahap kustomisasi untuk meningkatkan sektor fungsional. Ibaratnya cangkang tetap sama, tapi isinya kita custom lagi, jadi bisa menyasar aspek estetika dan fungsional secara bersamaan,” rincinya.

Sejauh ini YMGI tengah mempelajari regulasi aftermarket mempelajari regulasi yang berlaku di Jepang. Butuh dua tahun uji kualitas produk melalui pengecekan total kendaraan. “Ini jadi acuan bagi kita yang berfokus di bidang lampu setelah beberapa kali konsultasi dengan pelaku industri modifikasi di sana.

Kendati demikian Yoong mengatakan bahwa bengkel dan pecinta modifikasi di Jepang cukup antusias konsep yang mereka bawa.

Sejak berdiri pada 2005 di Surabaya, walau masih dijual dalam volume terbatas, produk-produk YMGI sudah diminati pasar internasional  berbagai negara seperti negara ASEAN, Vietnam dan tentu Jepang. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com