Melihat Dari Dekat Kedahsyatan BMW M2 Safety Car MotoGP Mandalika

Melihat Dari Dekat Kedahsyatan BMW M2 Safety Car MotoGP Mandalika

OTODRIVER - Ajang MotoGP 2023 ini menjadi saat yang istimewa bagi BMW. Pasalnya pabrikan berlogo baling-baling dengan divisi performancenya BMW M ini telah genap 25 tahun alias ¼ abad dalam memasok mobil resmi untuk MotoGP.

Semuanya berawal dari tahun 1999, di mana BMW mulai debutnya sebagai Safety Car MotoGP dengan Z8 tepatnya pada 1999.

Pada gelaran MotoGP Mandalika 2023 ini, BMW M menerjunkan safety car generasi terbarunya yakni BMW M2 dan kami mendapatkan kesempatan untuk lebih dekat dengan mobil dua pintu ini.

Mobil dengan kode body G87 ini mulai menjalankan tugasnya sebagai safety car MotoGP pada Maret 2023. Ia pun menjadi bagian tim safety car BMW bersama M3 Touring dan M5 CS.

Seberapa ‘horor’nya mobil ini sehingga didapuk sebagai pemegang tongkat estafet safety car?

Marketing Manager BMW M GmbH, Project Lead Cooperation MotoGP, Axle Mittler angkat bicara mengenai mobil ‘asuhan’nya ini.

“Hanya ada beberapa modifikasi minor pada versi safety car dibandingkan dengan versi kami jual pada konsumen,” ungkap Mittler. “Penggantian bangku khusus balap, roll bar, lampu strobo, knalpot dan beberapa tambahan perangkat aerodinamika. Namun mesin sama sekali tidak mengalami modifikasi,” beber pria berwarga kenegaraan Jerman ini saat kami temui di Kuta Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (13/10). “Selebihnya seperti M2 yang kalian (media) gunakan,” lanjutnya.

Sebagai informasi pada saat gelaran MotoGP, kami hadir atas undangan BMW Indonesia dan mendapat kesempatan salah satunya untuk menjajal langsung M2 versi jalanan yang baru diluncurkan di ajang GIIAS 2023, Agustus silam.

Alfredo Saldon dan M2 besutannya 

Di kesempatan yang lain kami pun berkesempatan berbincang dengan Alfredo Saldón, yang tak lain merupakan ‘pilot’ M2 Safety Car MotoGP ini.

Menurut Saldón M2 merupakan mobil yang menarik dan menyenangkan untuk dikendarai. “M2 merupakan satu-satunya safety car berpenggerak roda belakang saat ini. Cukup menyenangkan untuk dikendarai dan bergaya klasik,” ungkap pria berdarah Spanyol ini.

Alfredo mengatakan di Sirkuit Pertamina Mandalika, dirinya bisa membeset BMW M2 sampai 240 km/jam. Dan untuk satu lapnya ia bisa mencatat waktu setara dengan motor Moto3.

Menyoal mesinnya dan transmisinya tidak ada perbedaan dengan M2 yang kami kendarai selama di Lombok. Mesin S58, 6 silinder  inline TwinPower Turbo dengan menghasilkan kinerja 460 hp dan torsi 550 Nm. Kinerja mesin pembakaran internal ini diakurkan oleh transmisi matik 8 percepatan untuk disalurkan ke roda belakang. (SS)

Spoiler pada bagian buritan jadi salah satu perangkat yang tidak dijual belikan saat ini
Terdapat beberapa perangkat aerodinamika di beberapa titik 
Mesin S58 6 silinder TwinPower Turbo tidak dikutak-katik sama sekali
Alfredo Saldon dan Jordi Morata, pembesut BMW M2 Safety Car MotoGP 

Markondez

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com