Seperti Ini Tiga BMW M Andalan Safety Car MotoGP Mandalika

Seperti Ini Tiga BMW M Andalan Safety Car MotoGP Mandalika

OTODRIVER - Ada yang istimewa dari gelaran MotoGP 2023 di Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat dibanding gelaran tahun sebelumnya.

Pada kesempatan ini Otodriver diperbolehkan melihat lebih dekat mobil-mobil Safety Car MotoGP besutan BMW yakni M5 CS, M3 Touring dan M2. Ketiga mobil inilah yang selalu dibawa ke manapun MotoGP diadakan di seluruh dunia.

Tak hanya itu kami pun diperbolehkan merasakan menjadi penumpang M5 CS di sesi taxi ride BMW M Laps yang diadakan secara ekslusif pada Sabtu (14/10). Bahkan pada hari Jumat (13/10) Otodriver bahkan berkesempatan untuk menyetir M3 Touring, walau dengan jarak hanya kurang lebih 100 meter.

Hal yang cukup kontras dengan yang terjadi pada gelaran tahun sebelumnya, di mana mobil ini jadi sesuatu yang haram untuk dijamah siapapun. Bahkan untuk mendekatpun cukup sulit.

Lalu seperti apa wujud dari ketiga mobil itu?

BMW M5 CS MotoGP Safety Car 

Model pertama adalah yang tertua yakni M5 CS yang mulai debutnya pada 2021. Mobil berkelir hijau dengan pelek keemasan ini merupakan mobil yang digunakan oleh Loris Capirossi, sang Race Director.

BMW M5 CS Safety Car MotoGP

M5 CS merupakan edisi khusus dari BMW M5 Competition dengan  penggunaan material ringan mampu memangkas bobot hingga 93 kilogram lebih enteng dari M5 Competition.

Mobil yang menyandang kode F90 ini dibekali mesin V8 4.4 liter dengan letupan daya 635 hp (7 hp lebih besar dari M5 Competition) yang salurkan pada keempat rodanya melalui mekanisme girboks 8 percepatan otomatis besutan ZF.

Sedangkan cengkraman pada mobil ini diseting lebih banyak dicurahkan pada roda belakang.

Dengan performanya itu, sedan 4 pintu ini dinobatkan sebagai mobil paling bertenaga dalam sejarah BMW M.

BMW M5 CS Safety Car MotoGP interior 

 

BMW M3 Touring MotoGP Safety Car

Mobil kedua adalah BMW M3 Touring mulai debutnya pada 2022 dan menjadi satu-satunya mobil stationwagon dalam Safety Car MotoGP saat ini. Sedangkan bagi BMW M3 Touring juga menjadi mobil pertama dengan wujud sebuah stationwagon.

BMW M3 Touring 

Tenaga mobil berkode G80 ini berasal dari mesin berkode S58 6 silinder inline 3.0 liter twin turbo dengan muntahan daya 542 hp dan torsi 650Nm yang disalurkan pada keempat rodanya (all wheel drive) oleh transmisi 8 percepatan otomatik.

Beberapa upgrade nampak pada mobil ini salah satunya nampak pada penempatan moncong keempat knalpotnya dengan posisi menumpuk atas dan bawah.

Interior M3 Touring 

Ubahan pada bagian interior pada M3 Touring terlihat pada penggunaan jok racing dengan sabuk keselamatan lima titik. Pada model ini, di bagian belakang banyak mengangkut perlengkapan medis untuk keadaan darurat saat balapan digelar. 

 

BMW M2 MotoGP Safety Car 

Sedangkan mobil ketiga adalah M2 menjadi satu-satunya mobil berpenggerak roda belakang dalam jajaran Safety Car BMW ini. Mobil ini adalah yang terbaru yang diperkenalkan pada 2023.

BMW M2 

Mengenai mesin, coupe berkode G87 ini mengkaryakan sumber tenaga yang sama dengan M3 Touring, namun tenaga yang dihasilkan hanya 460 hp dan torsi 550 Nm yang diakurkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Beberapa upgrade performance dilakukan seperti pemasangan spoiler dan beberapa perangkat aerodinamis pada bagian. Sejurus dengan M3 Touring, knalpot pun disusun dengan posisi menumpuk.

Sedangkan ubahan pada interior nampak penggunaan jok racing dengan sabuk keselamatan lenam titik. Nampak rollbar untuk keselamatan.

Interior BMW M2 

Axel Mittler, Marketing Manager BMW M GmbH, Project Lead Cooperation MotoGP mengatakan bahwa ketiganya punya kesamaan dengan versi masal.

“Secara umum spesifikasinya sama dengan versi yang dijual masal. Memang ada beberapa sentuhan upgrade dan modifikasi yang disesuaikan untuk menjalankan tugasnya di MotoGP,” ungkap Mittler saat dijumpai di Mandalika dalam suatu sesi. (SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com