Inilah Empat Mobil Paling Banyak Diekspor Toyota, Nomor 1 Di Luar Dugaan

Inilah Empat Mobil Paling Banyak Diekspor Toyota, Nomor 1 Di Luar Dugaan

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tidak hanya menjual Veloz dan Avanza untuk pasar Tanah Air. Namun juga tercatat telah mengirim 297 ribu unit kendaraan selama 2022.

Dari sekian banyak mobil yang dikirim keluar negeri, ternyata Toyota Veloz adalah penyumbang terbesar dengan 70 ribu unit.

Mobil rakitan Karawang, Jawa Barat ini tercatat diproduksi  di pabrik TMMIN Plant 2 yang memang terletak di Karawang. Mulanya, kendaraan berjenis MPV tersebut diprediksi punya volume ekspor 4.500 unit sebulan atau 54 ribu unit setahun. Namun kenyataannya justru lebih banyak.

Negara-negara yang menjadi peminat Veloz tersebar di kawasan Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Asia Tenggara. Bob Azam selaku Direktur Hubungan Eksternal TMMIN mengaku puas dengan catatan impresif tersebut.

"Toyota Veloz yang baru kami ekspor di tahun lalu menjadi kontributor terbesar di angka 70 ribu unit. Tahun ini, kami akan melakukan ekspansi negara tujuan ekspor ke kawasan Afrika, sebagai salah satu strategi untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Bob Azam di Jakarta Selatan.

Diketahui, meski Veloz menjadi produk yang paling banyak dikirim ke luar negeri, namun secara segmen, SUV atau sport utility vehicle menjadi kontributor terbesar ekspor Toyota dengan pengiriman 149.200 unit. Itu tak hanya Veloz, namun juga ada Raize, Fortuner dan Rush.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com